BPK Jatim Goes to Kampoeng, Puncak HUT ke-76 BPK

560

Sebagai penutup rangkaian perayaan HUT ke-76 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), BPK Jatim menggelar acara BPK Goes to Kampoeng, Sabtu (21/01/2023), di Adventist Campground Mahanaim, Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Acara dihadiri oleh seluruh pegawai BPK Jatim beserta keluarga, warga Desa Lumbangrejo, dan para tamu undangan.

“Acara BPK Goes to Kampoeng ini merupakan puncak dari rangkaian acara peringatan HUT ke-76 BPK. BPK Jatim hadir di tengah masyarakat, agar tidak ada jarak antara BPK dan masyarakat. Dalam kesempatan kali ini, BPK bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan, BUMN dan pihak swasta untuk memberikan bantuan fasilitas umum berupa Depo Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk Desa Lumbangrejo. Semoga ke depan BPK makin kuat, makin hebat, bisa lebih dikenal oleh masyarakat dan memberikan manfaat untuk masyarakat,” ungkap Kepala Perwakilan BPK Jatim, Karyadi.

Bersinergi dengan Pemkab Pasuruan dan para donatur dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Panasonic Gobel Indonesia-Pasuruan,  BNI Kantor Cabang Graha Pangeran Surabaya, dan PT Taspen (Persero) Cabang Malang, BPK Jatim menyerahkan sekaligus meresmikan bantuan fasilitas umum untuk Desa Lumbangrejo berupa Depo Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan Penerangan Jalan Umum (PJU). Pemkab Pasuruan membuatkan jalan masuk ke lokasi TPS dan menyediakan mesin pencacah sampah, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk membangun TPS, sedangkan untuk alat kebersihan diberikan oleh BNI Kantor Cabang Graha Pangeran Surabaya. Sementara PT Panasonic Gobel Indonesia-Pasuruan menyerahkan lampu PJU, serta dari PT Taspen (Persero) Cabang Malang juga memberikan tali asih kepada para pensiunan ASN yang tinggal di sekitar Prigen. BPK Jatim juga menyalurkan donasi dari para pegawai berupa paket sembako kepada masyarakat Desa Lumbangrejo.

“Perusahaan kami berdiri di Pasuruan, tentunya kami diharapkan lebih berkontribusi pada masyarakat Pasuruan. Selain tenaga kerja diambil dari warga sekitar, kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan mengadakan program magang untuk siswa SMK,” ujar Direktur Manufaktur PT Panasonic Gobel Indonesia-Pasuruan, Lukman Widarmanto.

Sementara itu, Hasan Arifin selaku SVP of Finance PT Semen Indonesia Grup dan Branch Manager PT. Taspen (Persero) Cabang Malang, Marsudi, menyatakan senang dapat berkontribusi dalam kegiatan BPK Goes to Kampoeng ini, dan berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi warga Desa Lumbangrejo. Hal senada juga disampaikan oleh Pimpinan Kantor Cabang BNI Graha Pangeran Surabaya, Rachmat Mudji Widodo, “BPK merayakan ulang tahun di kampung, ini merupakan pemikiran yang out of the box. Terima kasih kepada BPK Jatim yang telah mengajak kami untuk berkontribusi dalam kegiatan ini. Ini merupakan wujud kepedulian BPK kepada masyarakat,” ujarnya.

Mewakili masyarakat Desa Lumbangrejo, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengucapkan terima kasih kepada BPK Jatim yang telah menginisiasi kegiatan ini, serta para donatur yang ikut berperan memberikan bantuan. “Kegiatan ini menjadi bukti konkrit bahwa BPK ikut berperan serta dalam menyejahterakan masyarakat,” lanjutnya.

Sebelum acara peresmian fasilitas umum dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan Family Gathering yang diikuti oleh seluruh pegawai BPK Jatim beserta keluarga, dengan kegiatan antara lain capacity building dan lomba mewarnai untuk anak-anak pegawai. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan dan rasa kekeluargaan di antara pegawai BPK Jatim. Seluruh rangkaian acara puncak HUT ke-76 BPK berlangsung lancar dan meriah. Meski sempat diguyur hujan, acara tetap berlanjut dengan antusiasme tinggi para pegawai BPK Jatim.