BPK Jawa Timur Fasilitasi Pemberkasan Dokumen CASN BPK RI

778

Rangkaian proses seleksi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada Pelaksana BPK RI Formasi Tahun 2021 telah berakhir. Dari 40.066 pelamar yang mendaftar, sebanyak 1.308 pelamar dinyatakan lulus seleksi penerimaan CASN BPK RI untuk menduduki jabatan fungsional sesuai formasi yang telah ditetapkan dan akan ditempatkan pada berbagai satuan kerja pelaksana BPK di seluruh Indonesia.

Pelamar yang telah dinyatakan lulus selanjutnya wajib mengikuti pemberkasan dokumen pengangkatan CASN secara fisik/tatap muka di 28 lokasi pemberkasan, salah satunya di Jawa Timur. Pada kegiatan ini, BPK Jawa Timur berpartisipasi dengan menyediakan dukungan berupa tempat, prasarana sarana pendukung, serta beberapa pegawai sebagai tenaga bantuan dalam kegiatan teknis pemberkasan.

Saat membuka kegiatan pemberkasan CASN di Auditorium BPK Jawa Timur, Senin (17/1/2022), Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Sekretariat Perwakilan Sigit Pratama Yudha menyebut bahwa berkarir sebagai CASN BPK adalah salah satu pilihan untuk mengabdi bagi kemajuan bangsa dan negara. Hal ini dikarenakan output utama BPK adalah laporan hasil pemeriksaan yang bertujuan membawa perbaikan tata kelola keuangan negara. Dengan bergabung ke BPK, CASN diharapkan menjadi pribadi pembelajar yang berkomitmen tinggi serta inovatif untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas.

“Sebagai pegawai BPK, CASN harus mampu menjauhkan diri dari hal-hal yang merusak kredibilitas BPK, mengedepankan sikap moral untuk selalu menjaga persatuan bangsa dan negara, serta konsisten berpegang teguh pada kode etik dan nilai-nilai dasar BPK,” ujar Kepala Sekretariat.

Selain penghasilan yang cukup tinggi, pegawai BPK juga memperoleh kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan kompetensi melalui berbagai beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. Hasil pengembangan kompetensi ini diharapkan dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja institusi BPK.

Pemberkasan dokumen CASN merupakan tahap awal proses administrasi kepegawaian. Panitia Penerimaan CASN BPK bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melakukan verifikasi dan validasi terhadap seluruh dokumen pelamar sebagai persyaratan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) oleh BKN. Pemberkasan secara fisik di Kantor BPK Jawa Timur diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19, antara lain dengan mewajibkan pelamar memakai masker, menghindari kerumunan, dan menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 (hasil swab RT-PCR/antigen).