BPK untuk Indonesia yang Tangguh, Maju, dan Sejahtera

769

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merupakan lembaga negara yang diberikan amanah konstitusi untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. BPK telah mengemban amanah tersebut selama 76 tahun sejak dibentuk 1 Januari 1947. Memasuki usia 76 tahun, BPK terus berupaya untuk berefleksi, baik dari capaian yang sudah diperoleh, maupun tantangan yang akan dihadapi.

Sebagai bentuk rasa syukur atas peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76, BPK Jawa Timur melaksanakan Upacara Bendera, Selasa (17/01/2023) di halaman depan kantor BPK Jawa Timur. Kepala Perwakilan, Karyadi, selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyatakan bahwa di tengah lajunya era teknologi informasi, BPK telah membangun Digital Enterprise Architecture (DNA) BPK untuk pemetaan proses bisnis, BPK General Office Automation (BPK GO) untuk integrasi dan kemudahan akses semua aplikasi di BPK, serta pengembangan Big Data Analytics (BIDICS) untuk mendukung pelaksanaan tugas melalui transformasi digital. Tahun 2022 juga menjadi momentum peningkatan kapasitas melalui kerja sama internasional dengan menginisiasi pembentukan Supreme Audit Institution 20 (SAI20) sebagai new engagement group G-20.

“BPK sebagai organisasi yang terus bertumbuh harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan dan secara bersamaan perlu terus bersinergi, meningkatkan kolaborasi dan inovasi untuk mencapai visi BPK, menjadi lembaga pemeriksa tepercaya yang berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan negara. Hal ini sejalan dengan tema peringatan HUT tahun ini, yaitu Makin Kuat, Makin Hebat yang mencerminkan harapan seluruh insan BPK agar BPK semakin kuat dalam menjalankan tugasnya melakukan pemeriksaan dan semakin hebat dengan memberikan karya terbaik dan manfaat bagi seluruh rakyat Indoensia, untuk Indonesia yang tangguh, maju, dan sejahtera,” ujar Inspektur Upacara membacakan pidato Ketua BPK.

Dalam Upacara tersebut, diberikan juga tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya X Tahun kepada Enggar Junidarma Prasetya dan Kenzarah Zhetira Alam, serta penghargaan pegawai teladan kepada Heru Triawan dan Dwi Enggar Rini. Usai Upacara Bendera, pemotongan tumpeng dilakukan oleh Kepala Perwakilan, sebagai bentuk rasa syukur atas usia 76 tahun BPK.