HUT Ke-77 RI: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

7059

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI), BPK Jawa Timur menyelenggarakan upacara bendera di halaman depan kantor, Rabu (17/8/2022). Upacara ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan secara tatap muka sejak pandemi Covid-19 tahun 2020. Tema peringatan kemerdekaan RI tahun ini adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” yang mencerminkan harapan bagi bangsa Indonesia agar senantiasa bersemangat dalam bertransformasi dan bertumbuh di tengah tantangan pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun.

Upacara dipimpin oleh Kepala Perwakilan, Karyadi, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam upacara tersebut, Kepala Perwakilan menyerahkan Salinan Keputusan Presiden Nomor 43/TK/Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya (SLKS) secara simbolis kepada satu orang pegawai BPK Jawa Timur, Moniq Adinafa, yang telah bekerja sebagai aparatur sipil negara (ASN) secara terus menerus selama 10 tahun. Selanjutnya, Inspektur Upacara membacakan pidato Ketua BPK RI, Isma Yatun.

“Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 kemerdekaan ini kita maknai dengan kontribusi nyata melalui peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan sebagai kontribusi nyata melalui peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan sebagai kontribusi BPK dalam mewujudkan good governance untuk mencapai tujuan negara. Di bidang pertanggungjawaban keuangan negara, pemeriksaan BPK telah mendorong perbaikan kualitas laporan keuangan pemerintah dan badan lainnya dengan negara/lembaga, 100% di pemerintah provinsi dan 92% di kementerian. Hal ini sudah melampaui target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2020-2024,” ujar Inspektur Upacara.

Terkait dengan Presidensi Indonesia pada G20, BPK telah menginisiasi pembentukan Supreme Audit Institutions (SAI) 20 sebagai Engangement Group baru G20. Dengan SAI20, diharapkan BPK dan SAI negara G20 dapat memberikan kontribusi positif khususnya di bidang transparansi dan akuntabilitas tata kelola pada komunitas G20.

Upacara bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia berjalan dengan tertib dan khidmat. Dirgahayu ke-77 Republik Indonesia!