Mahasiswa UINSA dan Universitas Pancasakti Kunjungi BPK Jatim

633

Mewakili Kepala Perwakilan BPK Jatim, Kepala Sekretariat Perwakilan, Sigit Pratama Yudha, menyambut kedatangan 123 orang mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Manajemen Universitas Pancasakti Tegal (UPS), Senin (5/12/2022). Sebelumnya, Kepala Subbagian Humas, Shinta Lamria menyambut kedatangan 42 orang mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) yang melakukan company visit ke BPK Jatim, Senin (28/11/2022).

Sekretaris Program Studi Akuntansi UINSA, Ashari Lintang Yudhanti, dalam sambutannya mengatakan bahwa para mahasiswa mungkin sudah sering mendengar tentang BPK, namun belum mengetahui lebih dalam tentang BPK. Dalam kunjungan ke BPK Jatim ini, selain mendapatkan pengalaman baru, para mahasiswa diharapkan dapat lebih mengenal BPK.

“Kami selalu terbuka, menerima visitasi dari civitas academica, LSM, maupun unsur masyarakat lain yang merupakan stakeholder BPK. Dengan adanya visitasi, kami dapat melakukan sosialisasi tentang BPK, karena ternyata masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang BPK. Kami mengharapkan adanya feedback atau masukan apa yang harus kami perbaiki sebagai bahan evaluasi, sehingga kami tahu dinamika yang terjadi di masyarakat. Dengan begitu kami dapat mengantisipasi dengan solusi-solusi yang inovatif,” jelas Kepala Sekretariat Perwakilan, Sigit Pratama Yudha, dalam sambutan pembukaan.

Sementara, Wakil Dekan II UPS, Dewi Indriasih, mengatakan tujuan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah agar mahasiswa mengetahui kondisi kantor yang mereka kunjungi. Wakil Dekan II berharap setelah kegiatan KKL ini para mahasiswa mendapatkan banyak ilmu dan pelajaran berharga dari BPK Jatim.

Dalam kedua company visit tersebut, Kepala Subbagian Humas, Shinta Lamria memaparkan materi tentang sosialisasi ke-BPK-an, dengan moderator Junianti. Dalam paparan tersebut antara lain dijelaskan tentang posisi BPK dalam ketatanegaraan Indonesia, visi dan misi, nilai-nilai dasar, jenis pemeriksaan dan opini yang dikeluarkan BPK, serta peran BPK dalam kancah internasional seperti SAI 20. Setelah pemaparan mengenai Ke-BPK-an, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya. Melalui sesi tanya jawab ini, peserta diharapkan lebih memahami materi yang telah disampaikan.

Dipandu oleh Nurani Mahendra Dhata pada setiap visitasi dari kampus, peserta terlebih dahulu diajak berkeliling kantor BPK Jatim. Dalam office tour tersebut peserta dapat melihat secara langsung lingkungan kantor BPK Jatim.