Catatan Berita: Banyak Objek Wisata di Jombang Tak Kantongi Izin

54

JOMBANG – Wahana wisata alam di Kabupaten Jombang ternyata banyak yang belum mengantongi izin. Baik izin usaha penyediaan sarana wisata alam maupun izin pengusahaan wisata alam, serta izin usaha penyediaan jasa wisata alam.

Seperti yang diungkapkan kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jombang, Ilham Hero Koentjoro. Berdasarkan data yang dimiliki DPMPTSP Jombang, banyak usaha wisata yang belum mengantongi izin.

”Ada beberapa lokasi wisata yang belum berizin juga, nanti kita cek lagi mana saja yang belum mengantongi izin, tapi memang ada beberapa,” ujarnya saat dikonfirmasi kemarin.

Pihaknya mengaku terus melakukan evaluasi terkait keberadaan wahana wisata yang belum melengkapi izin, khususnya di wilayah Wonosalam. ”Rencana baru akan kita evaluasi. Dan saat ini kan masih ada korona. Kita tetap lakukan pembinaan, soalnya kondisinya seperti ini, ya kita persuasif lah,” kata Ilham.

Disinggung wahana wisata alam apa saja yang belum mengantongi izin, ia mengaku ada beberapa wahana wisata yang belum mengantongi izin, salah satunya wisata kandang sapi (Kansa), yang berada di  Jalan Anjasmoro, Dusun Tukum, Kecamatan Wonosalam.

”Kansa itu masih proses, sudah NIB (Nomor Induk Berusaha) belum sampai pada IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Kalau Bajak Laut II di Desa Sumberjo belum ada,” ungkap Ilham.

Selengkapnya…