Anggota V BPK Tekankan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Pegawai dan Optimalisasi Waktu dalam Pelaksanaan Pekerjaan

72

Anggota V BPK Prof. Bahrullah Akbar selaku Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V mendorong para pelaksana BPK agar terus meningkatkan kompetensi, baik melalui pendidikan lanjutan maupun short course. Dengan kompetensi yang terus meningkat diharapkan dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya untuk bekerja lebih baik.

Hal itu disampaikan Anggota V BPK ketika memberikan pengarahan kepada pegawai BPK Jawa Timur, di sela-sela kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis (22/10). Dalam acara di Auditorium BPK Jawa Timur ini, turut hadir Auditor Utama Keuangan Negara V (Tortama V) Akhsanul Khaq.

Selain menekankan pentingnya peningkatan kompetensi, Anggota V BPK juga berpesan agar para pegawai memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat yang ditentukan, salah satunya melalui penerapan inovasi. “Dan hal ini terbukti efektif, antara lain dari keberhasilan BPK dalam menyelesaikan pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah TA 2019, baik pusat maupun daerah, di tengah pandemi Covid-19 dengan mengembangkan berbagai prosedur alternatif,” kata Anggota V BPK.

Acara pengarahan Anggota V BPK diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai BPK Jawa Timur dan diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, antara lain pengaturan tempat duduk dengan menerapkan prinsip physical distancing (jaga jarak) serta penyediaan hand sanitizer. Seluruh pegawai yang hadir juga diwajibkan mengenakan masker selama mengikuti acara.

Selain memberikan pengarahan, Anggota V BPK juga meresmikan pemanfaatan sarana prasarana yang baru direnovasi di lingkungan Kantor BPK Jawa Timur untuk menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BPK Jawa Timur, yaitu lobby kantor, ruang Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK), perpustakaan, dan kantin. Renovasi atau peremajaan sarana prasarana ini bertujuan supaya para pegawai lebih nyaman dan merasa betah selama bekerja di lingkungan kantor.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Joko Agus Setyono memaparkan beberapa inovasi yang telah diterapkan BPK Jawa Timur, yaitu komunikasi audit, layanan pengaduan masyarakat melalui Whatsapp Bisnis 0811 322 99 000, serta Lomba Ide dan Kreativitas (LIKE). Renovasi sarana prasarana dan penerapan berbagai inovasi ini merupakan salah satu persiapan BPK Jawa Timur dalam rangka mewujudkan Zona Integritas sebagai instansi dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).