BPK Jawa Timur Sosialisasikan Materi Ke-BPK-an kepada Siswa SMA Pangudi Luhur dan Mahasiswa UGM Yogyakarta

323

Masih dalam nuansa peringatan hari ulang tahun BPK ke-73, BPK Jawa Timur turut berkontribusi dalam public awareness melalui penerimaan kunjungan siswa SMA Pangudi Luhur Yogyakarta Jurusan IPS pada Selasa, 14 Januari 2020, dan Mahasiswa Program Profesi Akuntan (PPAk) Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Selasa, 28 Januari 2020. Kedua kunjungan kalangan pendidikan tersebut diterima di Ruang Auditorium BPK Jawa Timur. Sebelum memasuki gedung kantor BPK Jawa Timur, para peserta sosialisasi dipandu mengikuti office tour untuk mengenal fasilitas dan sejarah singkat kantor BPK Jawa Timur.

Public awareness yang diberikan BPK Jawa Timur berupa materi sosialisasi ke-BPK-an yang banyak memberikan penjelasan mengenai alur pemeriksaan dan informasi akuntansi sektor publik. Sebagai narasumber untuk para siswa SMA Pangudi Luhur yang berjumlah 105 orang adalah Kepala Sekretariat Perwakilan Pujo Sumekto. Sementara itu, narasumber bagi para mahasiswa PPAk UGM yang berjumlah 27 orang adalah Kepala Subauditorat Jatim I Abdul Choliq. Sedangkan moderator kedua kegiatan tersebut adalah Kepala Subbagian Humas Shinta Lamria.

Penyampaian materi ke-BPK-an oleh narasumber berlangsung secara interaktif, dengan antusias para siswa dan mahasiswa bertanya, antara lain mengenai ilmu pemeriksaan dan dampak dari adanya pemeriksaan BPK. Selain materi yang dibawakan oleh narasumber, panitia juga menyediakan fun games edukatif yang dikemas dengan apik serta menarik.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para generasi muda, khususnya siswa dan mahasiswa, dapat memahami tugas dan fungsi BPK, termasuk bagaimana hasil-hasil pemeriksaan BPK dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain itu, merekajuga dapat menjadi duta-duta BPK dalam menyampaikan tugas pokok dan fungsi BPK secara benar di tengah-tengah masyarakat.