Digelar di Tengah Pandemi, Pegawai BPK Jawa Timur Ikuti Upacara HUT Ke-74 BPK RI secara Virtual

96

Tahun ini peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 BPK RI terasa berbeda. Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang belum usai membuat berbagai kegiatan peringatan HUT BPK RI diselenggarakan dengan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, antara lain dengan memaksimalkan pertemuan secara virtual.

Puncaknya pada Selasa, 19 Januari 2021, seluruh pegawai BPK Jawa Timur mengikuti upacara Peringatan HUT Ke-74 BPK RI yang diselenggarakan dari Kantor BPK RI Pusat di Jakarta secara daring. Mengingat BPK Jawa Timur sedang menerapkan kebijakan work from home (WFH) menyesuaikan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Sidoarjo, sebagian pegawai mengikuti upacara daring dari tempat kedudukan masing-masing. Sementara itu, pegawai yang bekerja dari kantor (work from office) mengikuti upacara secara bersama-sama di Ruang Auditorium dengan penerapan protokol kesehatan.

Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna dalam sambutannya mengapresiasi para Pelaksana BPK yang telah menunjukkan kinerja terbaiknya di masa pandemi Covid-19 sehingga tugas pokok BPK dapat dilaksanakan sebaik-baiknya sesuai dengan amanat konstitusi. Tema HUT Ke-74 BPK RI yaitu “BPK Tangguh, BPK Tepercaya” merupakan perwujudan semangat BPK untuk terus meningkatkan produktivitas, kreatifitas, dan fleksibilitas di tengah situasi yang berubah sangat dinamis.

Seiring dengan penetapan Rencana Strategis (Renstra) BPK RI Tahun 2020-2024 melalui Peraturan BPK RI Nomor 3 Tahun 2020, BPK menunjukkan kesiapannya menjadi lembaga pemeriksa tepercaya yang berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan negara. “Melalui renstra ini, BPK meningkatkan peran insight dan foresight sekaligus bertransformasi digital menuju BPK 4.0. Peran ini sangat penting untuk menunjukkan signifikansi peran BPK dalam menjaga dan meningkatkan kualitas tata kelola keuangan negara,” kata Ketua BPK RI.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua BPK RI juga menyampaikan beberapa capaian BPK selama tahun 2020, baik pada skala nasional maupun global. Di tengah pandemi Covid-19, pemeriksaan keuangan sebagai tugas mandatory diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Begitu juga pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu, termasuk pemeriksaan investigatif dan perhitungan kerugian negara, dapat diselesaikan dengan baik tanpa mengabaikan aspek keselamatan dan kesehatan para pemeriksa yang ditugaskan ke lapangan. Sedangkan di tingkat internasional, BPK antara lain dipercaya menjadi anggota Independent Audit Advisory Committee (IAAC), yang merupakan badan subsider Sidang Majelis Umum PBB yang bertugas dalam kapasitas penasehat ahli (expert advisory capacity) dan membantu Sidang Majelis Umum PBB dalam memenuhi tanggung jawab pengawasan.

Meski telah meraih berbagai capaian dan prestasi, Ketua BPK RI mendorong seluruh jajaran BPK dan Pelaksana BPK untuk tidak berpuas diri serta terus menjunjung tinggi nilai dasar independensi, integritas, dan profesionalisme sehingga menjaga kepercayaan rakyat dan kredibilitas BPK. “Mari kita bangun lembaga ini dengan mengambil hal-hal terbaik dan menjadikannya lebih baik. Mari kita wujudkan akuntabilitas untuk semua, untuk BPK yang lebih baik, untuk Indonesia yang lebih baik,” pungkas Ketua BPK RI.

Secara terpisah, Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Joko Agus Setyono yang mengikuti upacara bendera dari Ruang Auditorium BPK Jawa Timur turut mengucapkan dirgahayu BPK RI ke-74. “Semoga BPK semakin sukses dan jaya,” harapnya.

Sebelum pelaksanaan upacara bendera secara virtual, HUT BPK RI ke-74 juga diperingati BPK Jawa Timur dengan beberapa kegiatan. Di antaranya kompetisi voli net tertutup, tenis meja, dan senam kreasi. BPK Jawa Timur juga menyelenggarakan kegiatan bakti sosial yang ditujukan kepada panti asuhan di sekitar kantor BPK Jawa Timur, berupa pengumpulan pakaian layak pakai, pengumpulan buku/majalah anak layak baca, dan penggalangan dana untuk kesejahteraan yatim piatu.

Meski sedang berada di tengah pandemi Covid-19, semangat dan kemeriahan HUT BPK RI ke-74 tetap dapat diresapi oleh seluruh pegawai BPK Jawa Timur. Melalui HUT BPK RI ke-74, BPK Jawa Timur berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja dan menghasilkan karya terbaik dalam rangka mendukung terwujudnya visi misi BPK RI sebagaimana ditetapkan dalam Rencana Strategis Tahun 2020-2024.

Dirgahayu BPK !!

BPK Tangguh … BPK Tepercaya … !!