Digelar Secara Daring, Para Pegawai BPK Jawa Timur Ikuti Pembukaan Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT BPK Ke-74

46

Jum’at, 13 November 2020, berbagai kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) BPK ke-74 resmi dimulai. Hal itu ditandai dengan pembukaan rangkaian kegiatan HUT BPK oleh Ketua BPK Agung Firman Sampurna secara virtual dari Kantor BPK RI Pusat Jakarta.

Acara pembukaan diikuti secara virtual oleh Wakil Ketua BPK, para Anggota BPK, serta seluruh pelaksana BPK berjumlah sekitar 7.000 peserta, baik di Kantor BPK RI Pusat maupun BPK Perwakilan di seluruh Indonesia.

Peringatan HUT BPK ke-74 mengambil tema “BPK Tangguh, BPK Tepercaya”. Tema ini dipilih sehubungan dengan mewabahnya corona virus disease 2019 (Covid-19) di Indonesia yang berpengaruh terhadap pola kerja BPK.

Dalam sambutannya saat membuka rangkaian kegiatan HUT BPK, Ketua BPK menyatakan bahwa Covid-19 membuat BPK akrab dengan kebiasaan baru (new normal) untuk menjaga kesehatan dan keselamatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. BPK juga berupaya mengurangi pertemuan-pertemuan secara fisik dan membiasakan dengan model komunikasi secara daring atau virtual sebagai salah satu strategi agar kinerja BPK tetap terjaga.

“Kita semua menyadari bahwa tantangan kita, tantangan negara dan bangsa ini dalam menghadapi pandemi Covid-19 memang sangat tinggi. Oleh karena itu, kita harus semakin kuat, semakin tangguh sebagaimana tema HUT BPK Ke-74 ini yaitu BPK Tangguh, BPK Tepercaya,” jelas Ketua BPK.

Meski demikian, Ketua BPK menekankan bahwa kondisi pandemi tidak akan menyurutkan langkah dan semangat BPK untuk terus meningkatkan solidaritas, kreatifitas, fleksibilitas, dan produktifitas. Untuk itu, rangkaian kegiatan peringatan HUT BPK Ke-74 dirancang berbeda dengan kegiatan hari ulang tahun sebelumnya. Hal ini dibutuhkan agar berbagai kegiatan HUT BPK, baik dalam bentuk lomba maupun aktifitas lainnya, tetap kompetitif dan menyenangkan namun tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memitigasi penularan Covid-19.

Pembukaan rangkaian kegiatan HUT BPK ke-74 ditandai dengan isyarat menekan tombol secara bersama-sama oleh Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota BPK secara virtual. Acara ini turut dimeriahkan dengan penampilan yel-yel HUT BPK dari beberapa satuan kerja BPK Pusat dan BPK Perwakilan, termasuk dari BPK Jawa Timur. Dalam penampilannya, yel-yel HUT BPK dibawakan secara kompak oleh Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Joko Agus Setyono bersama beberapa pejabat struktural.

Kegiatan peringatan HUT BPK Ke-74 akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan kesenian dan kreatifitas, serta pertandingan olah raga dan keterampilan yang sebagian besar dilaksanakan secara virtual. Puncak rangkaian kegiatan HUT BPK Ke-74 adalah upacara bendera dan syukuran yang diselenggarakan Bulan Januari 2021.