Donor Darah Menyambut HUT BPK Ke-73

323

Guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) BPK Ke-73 yang jatuh pada tanggal 1 Januari 2020, BPK Jawa Timur mengadakan kegiatan donor darah yang diselenggarakan pada Rabu, 8 Januari 2020.

Donor darah dalam rangka HUT BPK ini terselenggara melalui kerja sama dengan Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Sidoarjo. Antusiasme pegawai untuk mengikuti kegiatan donor darah sudah terlihat sejak pagi. Sebelum petugas dari PMI datang, para pegawai sudah antri mendaftar sebagai peserta donor darah.

Kegiatan ini dimulai pukul sembilan pagi. Sebelum mendonorkan darah, calon pendonor terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh petugas PMI. Apabila dinyatakan sehat dan memenuhi syarat, pendonor dapat melanjutkan ke ruang khusus pengambilan darah untuk proses pendonoran. Jika tidak memenuhi syarat, batal dan diarahkan untuk mencoba di lain kesempatan. Dari 69 pegawai yang mendaftar, sebanyak 41 kantong darah dari berbagai golongan darah (A, AB, B, dan O) berhasil diperoleh untuk diproses lebih lanjut di PMI.

Melalui donor darah, pendonor memperoleh banyak manfaat. Selain pemeriksaan kesehatan, donor darah juga menggugah kesadaran bahwa darah yang didonorkan sangat bermanfaat dalam menolong sesama, bahkan menyelamatkan nyawa seseorang. Untuk itu, setiap orang yang sehat dan memenuhi syarat untuk menjadi pendonor darah hendaknya tidak takut mendonorkan darahnya secara rutin.

Ayo sehat, ayo donor darah … !!