Kabupaten Madiun dan Pacitan Raih WTP Sembilan Kali Berturut-turut

59

BPK Jawa Timur kembali menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2021, Jumat (20/05/2022) di Ruang Auditorium BPK Jawa Timur. LHP diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK jawa Timur, Joko Agus Setyono kepada Ketua DPRD dan Bupati Pacitan, serta Wakil Ketua DPRD dan Bupati Madiun. Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada kedua kabupaten.

“Kami menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Madiun dan Kabupaten Pacitan yang telah berhasil meraih opini WTP sembilan kali berturut-turut. Kami berharap, raihan opini WTP ini dapat terus dipertahankan di masa mendatang, serta dapat mendorong jajaran pemerintah daerah untuk meningkatkan tata kelola keuangan pemerintah yang transparan dan akuntabel, sehingga opini WTP dapat diikuti dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” ujar Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur, Joko Agus Setyono, dalam sambutannya.

Namun demikian, BPK masih menemukan beberapa permasalahan selama proses pemeriksaan, meskipun tidak mempengaruhi kewajaran atas penyajian laporan keuangan. Permasalahan tersebut antara lain:

  1. Penatausahaan dan pengelolaan aset tetap belum tertib
  2. Kelebihan pembayaran atas kekurangan volume dan mutu pada pekerjaan Belanja Modal
  3. Pengaturan pembayaran Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan belum memadai
  4. Pengelolaan pendapatan sewa tanah pertanian Eks Tanah Kas Desa tidak tertib
  5. Pengelolaan piutang pajak, piutang retribusi dan piutang lain-lain PAD yang sah belum tertib

“Hasil pemeriksaan ini akan kami pelajari dan cermati dengan seksama atas beberapa temuan dan catatan, serta akan segera menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam perbaikan tata kelola keuangan pemerintah daerah. Kami bersama eksekutif berkomitmen untuk terus meningkatkan akuntabilitas kinerja keuangan daerah agar terus lebih baik, mulai dari proses perencanaan dan penganggaran pada tahun-tahun mendatang, sehingga dapat mempertahankan opini WTP,” Ketua DPRD Kabupaten Pacitan, Ronny Wahyono menyatakan dalam sambutannya.

Selanjutnya, Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami menyampaikan pihaknya akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk memperbaiki permasalahan-permasalahan, khususnya penatausahaan dan pengelolaan aset, yang menjadi masalah hampir di semua pemerintah daerah di Jawa Timur.