Kepala Perwakilan Ajak Para CPNS Beri Kontribusi Optimal untuk BPK

151

Sebagai generasi milenial, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) BPK diharapkan dapat berkontribusi optimal bagi kemajuan BPK. Pada era revolusi industri 4.0 sekarang ini, setiap ASN dituntut memiliki kontribusi, inovasi, dan kreativitas yang bermanfaat bagi lingkungan, bangsa, dan negara.

Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Joko Agus Setyono mengajak para CPNS yang mengikuti program aktualisasi CPNS di BPK Jawa Timur untuk memberikan kontribusi yang optimal melalui satuan kerja penempatan definitif masing-masing. “Meski program aktualisasi sudah selesai, saya berharap para CPNS tetap berjiwa kreatif dan inovatif sehingga dapat memberikan yang terbaik di mana saja berada,” pesan Kepala Perwakilan saat melepas CPNS Golongan III yang telah mengakhiri program aktualisasi di BPK Jawa Timur, Selasa (22/6/2021).

Kepala Perwakilan juga mengapresiasi berbagai inovasi yang telah diberikan para CPNS selama program aktualisasi. “Inovasi-inovasi ini diharapkan dapat lebih memajukan BPK Jawa Timur, terlebih saat ini BPK Jawa Timur sedang berupaya keras mewujudkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” tambahnya.

Acara pelepasan CPNS Golongan III diselenggarakan melalui aplikasi telekonferensi dengan mempertimbangkan kondisi terkini serta mencegah penularan Covid-19 di lingkungan kantor. Selain sambutan Kepala Perwakilan dan penyampaian testimoni dari para mentor, acara juga diisi dengan Cerdas Cermat Ke-BPK-an secara daring oleh seluruh CPNS. Sebagaimana cerdas cermat serupa pada Januari 2021 lalu, kompetisi ini merupakan inovasi BPK Jawa Timur untuk mengenalkan BPK secara umum dan BPK Jawa Timur secara khusus kepada CPNS yang baru bergabung ke BPK. Meski soal-soal ditayangkan secara daring, seluruh CPNS mengikuti cerdas cermat dengan penuh semangat dan pada akhirnya tiga CPNS berhasil keluar sebagai pemenang.

Selain Cerdas Cermat Ke-BPK-an, acara pelepasan juga diisi dengan penampilan para CPNS yang mempersembahkan lagu perpisahan secara daring. Salah satu CPNS, Meriska Erawati (CPNS BPK Lampung) menyatakan bahwa kegiatan aktualisasi di BPK Jawa Timur sangat luar biasa dan berkesan. Pernyataan senada diungkapkan oleh Unggul Bhakti Muhammad (CPNS BPK Kepulauan Riau). Menurutnya, aktualisasi di BPK Jawa Timur memberinya kesempatan untuk belajar banyak tentang BPK, di antaranya budaya kerja sama antar pegawai.

Menutup acara ini, Kepala Sekretariat Perwakilan Sigit Pratama Yudha berpesan agar para CPNS dapat bersikap independen, berintegritas, dan profesional. Dengan masa kerja yang masih panjang dan kebijakan mutasi pegawai, para CPNS diharapkan dapat memanfaatkan penempatan definitif dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kinerja. “Selamat memberi yang terbaik (do the Best) melalui disiplin (disciPline), kerja cerdas (worKsmart), dan menikmati (enJoy) kerja sama (teAmwork) dengan tim berdasarkan respek (rescpecT), tetap semangat dan jangan putus asa (never gIve up), serta tetap rendah hati (stay huMble),” pungkasnya.