Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Hadiri Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Gedung Negara Grahadi

122

Pada tahun ini, Republik Indonesia memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaannya yang ke-75. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pemerintah memutuskan peringatan HUT kemerdekaan RI tahun ini dilaksanakan secara sederhana. Pandemi corona virus disesase 2019 (Covid-19) di tanah air yang belum mereda menjadi salah satu pertimbangan dalam penyelenggaraan peringatan HUT RI ke-75.

Sesuai kebijakan BPK RI Pusat, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur (BPK Jatim) meniadakan Upacara Peringatan HUT RI Ke-75 di lingkungan kantor. Sebagai gantinya, seluruh pegawai mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta yang disiarkan langsung secara elektronik oleh Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Sebagai pimpinan kantor perwakilan BPK RI di daerah, Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Joko Agus Setyono diwajibkan menghadiri Upacara Peringatan HUT RI Ke-75 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur di halaman Gedung Negara Grahadi mulai pukul 08.00 WIB.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi inspektur upacara, sedangkan komandan upacara adalah Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol (Mar) Aang Andy Warta. Upacara tahun ini digelar terbatas oleh Pemprov Jatim, dengan mengacu kepada Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 serta menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Berdasarkan berita yang dirilis oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur, jumlah undangan yang biasanya mencapai 3.500 orang, pada tahun ini dibatasi hanya 120 orang. Sedangkan pengibaran bendera merah putih yang pada tahun-tahun sebelumnya dilakukan oleh 70 petugas (pasukan 17, 8 dan 45), kali ini dibatasi hanya tiga petugas.

Meskipun peringatan HUT RI ke-75 diselenggarakan secara sederhana, semangat kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan bangsa dalam membela tanah air tetap meresap ke dalam sanubari seluruh rakyat Indonesia. Semangat untuk terus berjuang dan berbakti membangun negeri untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Dirgahayu Republik Indonesia Ke-75 !!

Merdeka !!