Puncak Peringatan HUT BPK Ke-73, BPK Jawa Timur Selenggarakan Upacara Bendera dan Aneka Kegiatan

365

BPK Jawa Timur menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) BPK ke-73 pada Senin, 20 Januari 2020. Upacara ini merupakan puncak dari kegiatan perayaan HUT BPK ke-73 yang sudah dimulai sejak 6 Desember 2019.

Kepala Perwakilan Harry Purwaka bertindak selaku inspektur upacara dan Pengendali Teknis dari Subauditorat Jawa Timur Jumarsa bertindak sebagai komandan upacara. Dalam sambutan yang dibacakan inspektur upacara, Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengajak seluruh pelaksana BPK untuk melakukan perenungan mendalam mengenai eksistensi dan peran BPK dalam penyelenggaraan negara.

Ketua BPK menegaskan bahwa BPK bukanlah lembaga stempel WTP, dimana ketika jumlah penerima WTP meningkat maka BPK dianggap berprestasi. Prestasi BPK sebagai pemeriksa, menurut Ketua BPK, adalah bila BPK dapat merampungkan hasil pemeriksaan sesuai dengan standar pemeriksaan, melalui quality control dan quality assurance yang ketat, mengungkap permasalahan signifikan, sekaligus memberi rekomendasi untuk perbaikan tata kelola keuangan negara dari entitas yang diperiksanya. Untuk itu, visi BPK 2020-2024 didesain menjadi “Lembaga pemeriksa tepercaya yang mendorong pengelolaan keuangan yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan bernegara”.

Pada upacara tersebut, sebanyak 25 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan BPK Jawa Timur juga menerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya (SLKS) sebagai penghargaan atas pengabdiannya kepada negara secara berturut-turut, dengan rincian SLKS 10 Tahun kepada 24 orang ASN dan SLKS 20 Tahun kepada satu orang ASN. Upacara bendera diakhiri dengan aksi konfigurasi ucapan selamat HUT BPK ke-73 oleh para peserta upacara.

Setelah upacara bendera, kegiatan peringatan HUT BPK ke-73 di BPK Jawa Timur dilanjutkan dengan program perpanjangan SIM A/C bagi pegawai dan keluarga melalui kerja sama dengan Polda Jawa Timur dan Polresta Sidoarjo. Berdasarkan catatan panitia, sebanyak 67 orang berpartisipasi dalam kegiatan ini, yang terdiri dari perpanjangan SIM C sebanyak 35 orang dan perpanjangan SIM A sebanyak 32 orang.

Selain itu, sebagai wujud syukur atas HUT BPK ke-73 sekaligus meningkatkan spritualitas pegawai muslim, pengurus Masjid Baitul Hasib BPK Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan BPK Mengaji dengan tema Islamic Parenting yang menghadirkan Ust. Misbahul Huda sebagai narasumber. Dalam kegiatan ini, Kepala Perwakilan secara simbolis juga menyerahkan bantuan logistik dari BPK Jawa Timur kepada perwakilan Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) untuk disalurkan kepada penyintas musibah di tanah air.

Melalui puncak perayaan HUT BPK ke-73, seluruh pegawai BPK Jawa Timur mengikrarkan diri untuk bersatu padu, saling mendukung, dan saling menguatkan untuk kemajuan BPK.

Bersatu Padu, BPK Maju … !!