Alokasikan Rp 100M untuk Transportasi Publik

68

Surabaya – Komisi C DPRD Surabaya sepakat untuk menaikkan anggaran pengembangan transportasi publik pada APBD 2024. Dalam rapat kemarin (25/10, dewan setuju untuk menambah anggaran menjadi Rp 100 miliar. Naik Rp 28 miliardari rencana awal Rp 72 miliar.

Anggaran Rp 100 miliar itu setara 1 persen dari kekuatan APBD 2024 sebesar Rp 10,882 triliun. Sebelumnya hanya 0,6 persen. “Dengan menambah anggaran ini, kami harap transportasi publik terus berbenah,” kata Wakil Ketua Komisi C Aning Rahmawati.

Menurut Aning, anggaran itu bisa digunakan untuk penambahan armada transportasi publik yang sudah sangat urgen. Sebab, animo warga untuk naik kendaraan umum mulai terasa. Khususnya pada jam berangkat dan pulang kerja. “Ini harus di-support dengan menambah armada,” ujar Aning.

Anggota Komisi C William Wirakusuma menyatakan, penambahan jenis transportasi publik harus memperhatikan jalur-jalur yang sibuk dan padat penumpang. Jalur selatan-utara, contohnya, dibutuhkan penambahan Suroboyo Bus. Kepadatan penumpang terlihat dari Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Rajawali.

(Selengkapnya di Jawa Pos)