Apresiasi Foresight BPK, Bupati Lamongan Akan Manfaatkan untuk Tentukan Arah Kebijakan Daerah

51

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama sejumlah kepala OPD mengikuti Grand Launching Buku Pendapat (Strategic Foresight) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) secara virtual di ruang kerja Pemkab Lamongan, Kamis (21/10/2021).

Ketua BPK RI, Agung Firman Sampurna menyampaikan, hasil foresight BPK adalah tentang membangun kembali Indonesia dari Covid-19: skenario, peluang dan tantangan pemerintah yang tangguh.

Dan dengan wawasan ke depan atau foresight itu maka untuk pertama kalinya, BPK RI akan menjadi ke-12 di dunia yang telah mencapai peran tertinggi serta menjadi kedua di Asia setelah Korea Selatan dan yang pertama di Asia Tenggara.

“Apa yang kami lakukan ini bukan launching buku tetapi kami mengumumkan hasil foresight BPK. Setiap tahun BPK RI menyerahkan dan mengumumkan hasil pemeriksaan keuangan mandatorinya dan disampaikan kepada entitas dan pemerintah pusat dan diacarakan secara khusus,” kata Agung.

Selain peluncuran buku foresight, BPK RI juga melaunching situs resmi strategic foresight yang dapat diakses semua pihak. Maka keterlibatan berbagai pihak dalam membawa Indonesia menuju ke arah lebih baik menjadi hal penting yang harus dikembangkan.

Foresight BPK dilakukan dalam rangka untuk menghadapi era ketidakpastian yang segala sesuatunya berjalan secara cepat, kompleks dan serba keragu-raguan.

Untuk itu BPK menyusun scenario planning yang diharapkan dapat menentukan keberhasilan Indonesia dalam penanganan Covid-19 maupun pandemi, bencana atau krisis global di kemudian hari.

Lebih lanjut Agung menjelaskan bahwa penyusunan Foresight BPK bertujuan agar kebijakan yang diambil oleh para pemangku kepentingan memiliki pertimbangan dari berbagai perspektif, termasuk dari Foresight BPK. Dengan demikian, akan dicapai sasaran yang dikehendaki dan berjalan secara efektif, akuntabel, dan memenuhi aspek transparansi.

Sementara Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mengungkapkan, peluncuran foresight akan sangat membantu pemerintah, khususnya pemda dalam menentukan arah kebijakan yang akan diambil ketika menghadapi situasi yang tidak diinginkan.

“Pemkab Lamongan akan terus mendukung upaya pemerintah, dalam hal ini BPK RI. Peluncuran foresight ini akan sangat terbantu. Apalagi semua planning-nya dilakukan saat terjadi pandemi,” katanya. ****

Sumber: surabaya.tribunnews.com