Kota Blitar Terima Penghargaan WTP yang ke-13 Kali Berturut-turut

131

Pemkot Blitar kembali menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-13 kali secara berturut dari BPK Perwakilan Jawa Timur. Penghargaan WTP diterima langsung oleh Walikota Blitar, Santoso di Kantor BPK Perwakilan Jawa Timur, Sidoarjo, Kamis (25/5/2023).

Penghargaan WTP yang diterima Pemkot Blitar yang ke-13 kali secara berturut-turut itu berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Blitar tahun anggaran 2022. Walikota Blitar, Santoso mengatakan penyerahan hasil laporan pertanggungjawaban keuangan tahun anggaran 2022 agak berbeda dengan tahun sebelumnya.

Tahun ini, penyerahan laporan pertanggungjawaban keuangan dilaksanakan bersamaan dengan 38 kota/kabupaten di Jawa Timur. “Biasanya penyerahan dilakukan regional, tahun ini, diserahkan bersamaan dengan 38 kota/kabupaten di Jatim,” kata Santoso.

“Alhamdulillah, Kota Blitar di Jatim termasuk daerah terbanyak mendapat WTP, karena sudah 13 kali berturut-turut. Skor Kota Blitar juga tinggi 96, kalau ujian mendekati cumlaude,” tambah Santoso.

Dikatakannya, penghargaan WTP yang ke-13 kali berturut-turut ini menandakan tingkat kepatuhan dan ketaatan Kota Blitar dalam menjalankan keuangan sudah on the track. “Memang masih ada beberapa temuan yang harus ditindaklanjuti. Hampir semua daerah juga masih ada temuan. Temuan ini yang harus segera dibenahi,” ujarnya.

Santoso mengucapkan terima kasih kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) yang selama ini disiplin mengelola keuangan sesuai petunjuk aturan yang berlaku. “Penghargaan ini juga menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kota Blitar. Karena selama ini Kota Blitar patuh dan taat dalam mengelola keuangan,” katanya.

Santoso menjelaskan ada beberapa kiat yang dilakukan Pemkot Blitar untuk mendapatkan penghargaan WTP.

[Selengkapnya di Harian Pagi Surya]