Pelabuhan Probolinggo Tambah Gudang, Dermaga Diperpanjang

86

Pelabuhan Probolinggo yang dikelola Badan Usaha Pelabuhan (BUP), PT Delta Artha Bahari Nusantara (DABN), Pemprov Jatim terus dibenahi. Agar bisa disinggahi kapal-kapal besar, dermaga pelabuhan diperpanjang menjorok ke laut.

“Selain itu Pelabuhan Probolinggo akan dilengkapi gudang berukuran 6.000 meter persegi, yang hari ini dilakukan ground breaking,” kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Pelabuhan Probolinggi, Rabu (2/8).

Selain melakukan ground breaking gudang, gubernur juga meninjau pembangunan perpanjangan Dermaga-2, Pelabuhan Probolinggo. “Dengan perpanjangan Dermaga-2, kelak bisa disandari kapal-kapal dari Brazil dan Spanyol bertonase 35.000 ton,” ujar gubernur.

Seperti diketahui, Dermaga-1 sepanjang 93 meter dan lebar 31 meter dengan kedalaman 5-6 meter. Sedangkan Dermaga-2 sepanjang 306 meter dan lebar 41 meter kedalamannya 11-12 meter. “Kalau di Tanjung Perak karena faktor sedimentasi, kedalamannya hanya 13 meter, di Pelabuhan Probolinggo bisa sampai 18 meter,” kata gubernur.

[Selengkapnya di Harian Bhirawa]