Pembukaan Fasilitas Baru di Pantai Bahak Probolinggo Tunggu Hasil Audit BPK

210

Sejumlah fasilitas wisata baru telah rampung dibangun di Pantai Bahak, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Namun sejauh ini belum bisa dinikmati oleh warga. Alasannya, sejauh ini masih menunggu penyerahan dari pelaksana dan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Kasi Destinasi Wisata Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Musa mengatakan, pembangunan di Pantai Bahak Tongas menjadi titik audit dari tim BPK. Namun menurutnya, audit tim BPK itu lumrah untuk memastikan hasil pembangunan di daerah.

Seperti tahun lalu, tim BPK melakukan audit hasil pekerjaan pembangunan sektor wisata di P30 Kecamatan Sumber. “Sudah dilakukan audit oleh tim BPK. Sejauh ini tidak ada temuan. Tapi untuk hasilnya masih belum,” ujarnya, kemarin.

Sejauh ini, kata Musa, hasil pembangunan sejumlah fasilitas baru di Pantai Bahak masih menjadi tanggung jawab pelaksana. Bahkan, massa pemeliharaan selama 6 bulan. Sehingga, selama hasil audit dari tim BPK belum keluar, masih belum diserahkan. Kecuali hasil audit sudah turun dan tidak ada catatan atau temuan apapun, hasil pekerjaan itu bisa diserahkan ke pemerintah daerah. “Jadi, penyerahan hasil pengerjaan itu menunggu hasil audit BPK dulu,” ujarnya.

Karenanya, kata Musa, fasilitas destinasi wisata hasil pembangunan tahun kemarin juga belum dibuka untuk umum. Karena masih belum ada penyerahan dari pelaksana kepada pemerintah daerah. “Setelah diserahkan kami akan membuka fasilitas yang rampung dibangun. Pasti dibuka untuk umum,” ujarnya.

Diketahui, tahun kemarin Pantai Bahak, Kecamatan Tongas, digelontor pembangunan fasilitas wisata. Di antaranya ada jogging track dari Kementerian Kelautan dan boardwalk dari Kementerian Pariwisata. Namun sejauh ini fasilitas anyar ini belum bisa dinikmati secara umum karena masih menunggu penyerahan dari pelaksana proyek dan hasil audit BPK RI. (mas/rud/fun)

Sumber: radarbromo.jawapos.com