Pemprov dan 35 Pemda di Jatim Raih Penghargaan WTP

675

Pemprov Jawa Timur meraih penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2018.

Selain Pemprov Jatim, sebanyak 27 pemkab dan delapan pemkot di Jatim juga memperoleh penghargaan WTP dari Menteri Keuangan RI.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmoro pada Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan juga pada 35 kepala daerah yang mendapatkan WTP, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (2/10/2019).

“Terima kasih atas penganugerahan yang diberikan pada kami yang juga menjadikan Jawa Timur sebagai top refer dalam proses laporan keuangan daerah,” kata Gubernur Khofifah usai menerima penghargaan.

Khofifah juga memberikan apresiasi khusus untuk Kabupaten Pacitan. Yang dalam tahun ini menerima dua penghargaan khusus dari Menkeu, yaitu penghargaan WTP untuk LKPD Tahun Anggaran 2018 dan juga penghargaan WTP selama lima tahun berturut-turut.

“Jadi dalam WTP itu ada dua jenis. Ada WTP dan ada WTP – DPP. WTP-DPP itu kepanjangan dari Wajar Tanpa Pengecualian – Dengan Paragraf Penjelasan. Ada yang sudah dapat WTP tujuh atau delapan kali berturut-turut, tapi itu WTP-DPP. Nah, Kabupaten Pacitan ini lima tahun berturut-turut mendapatkan WTP saja tanpa DPP,” kata Khofifah bersemangat.

Khofifah juga mengapresiasi perolehan anugerah WTP untuk Kabupaten Sampang. Pasalnya ini adalah kali pertama bagi Sampang untuk meraih WTP.

Sebanyak 35 kabupaten kota yang hari ini mendapatkan anugerah WTP adalah Kabupatan Pacitan, Lamongan, Situbondo, Kediri, Gresik, Surabaya, Ngawi, Sidoarjo, Tuban, Sampang, Bangkalan, Bojonegoro, dan Kabupaten Madiun.

Selain itu juga Kabupaten Lumajang, Bondowoso, Jombang, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Probolinggo, Trenggalek, Kabupaten Malang, Sumenep, Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Magetan, Kota Kediri, Kota Batu, Nganjuk, Pamekasan, Kota Malang, Kabupaten Mojokerto, dan Ponorogo.

Di sisi lain, meski sudah 35 kabupaten kota Jatim mendapatkan gelar WTP, ada tiga kabupaten kota di Jawa Timur yang belum mendapatkan WTP. Tiga daerah itu adalah Jember, Kota Pasuruan, dan Tulungagung.

Khofifah menyebut tiga kabupaten kota itu masih harus ber-fastabikhul khoirot atau berlomba lomba dalam kebaikan. Sehingga butuh ada pendampingan dan juga perhatian lebih.

“Pesannya, ini kan kaitan dengan laporan keuangan dan administrasi pencatatan anggaran. Jadi saya mohon kita bisa membangun komunikasi bersama karena pendampingan menjadi penting,” kata Khofifah.

[Selengkapnya …]