Sederet Capaian Ini jadi Kado HUT ke-336 Kota Pasuruan

138

Peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Pasuruan ke-336 digelar secara sederhana di Gedung Gradika Bakti Praja. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyampaikan capaian yang telah diraih selama ia menjabat wali kota.

“Nanti pada 26 Februari 2022, tepat setahun kepemimpinan Saya dan Mas Adi (Adi Wibowo, Wakil Wali Kota),” kata Gus Ipul ketika memberikan sambutan perayaan ulang tahun Kota Pasuruan, Selasa (8/2/2022).

Menurut Gus Ipul, belum banyak yang bisa dilakukan di awal tahun periode 2021 karena penganggaran sudah ditetapkan pada tahun 2020 atau saat ia belum menjadi Wali Kota Pasuruan. Meski demikian, Gus Ipul telah melakukan tiga hal yang sangat fundamental.

“Kita mencoba membangun Pasuruan Kota Madinah, kita elaborasi di RPJMD. Kita lebih banyak konsentrasi ke dalam di tahun pertama ini. Alhamdulillah tahun ni kita kembali meraih WTP dari BPK. Alhamdulillah setelah dua tahun WDP, berkat kerja keras bersama kita bisa meraih WTP,” terang Gus Ipul.

Selain opini WTP, kepemimpinan Gus Ipul juga berhasil menuntaskan RTRW dan RDTRW, yang sejak 2011 belum pernah ada perubahan. Kini, kata Gus Ipul, investor tidak perlu ragu lagi masuk Kota Pasuruan karena RTRW telah tuntas.

Di tahun pertama kepemimpinannya, Gus Ipul juga berhasil membawa Kota Pasuruan meraih nilai Monitoring Center for Prevention (MCP) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang cukup tinggi. MCP adalah upaya pencegahan korupsi yang dinilai secara langsung oleh KPK.

“Ketika awal dilantik nilai MCP kita 44 tapi akhir tahun kemarin alhamdulillah kita berhasil mencapai 85. Ini berkat kerja keras kita bersama,” jelas Gus Ipul.

Di tahun kedua ini, pembangunan Kota Pasuruan akan difokuskan pada pembangunan yang mampu meningkatkan potensi wisata. Ia mencoba mengintegrasikan wisata yang ada untuk kemajuan Pasuruan. Namun, untuk menuju semua itu, harus ada kerja bersama.

Gus Ipul menambahkan, potensi wisata yang akan dibangun adalah memadukan wisata religi Makam KH Abd Hamid, alun-alun, serta kawasan pelabuhan Tanjung Tembikar dan bangunan-bangunan bersejarah Kota Pasuruan.

Peringatan HUT Kota Pasuruan ke-336 bertema “Pasuruan Resik” di Gedung Gradika dihadiri Bupati Pasuruan M Irsyad Yusuf, Dandim, Kapolres serta Ketua dan Anggota DPRD Kota Pasuruan.

Sumber: detik.com