Warga Demo Tuntut Pengusutan Dugaan Korupsi Dana Covid-19 di Jember

91

Ratusan warga di Kabupaten Jember Jawa Timur berunjuk rasa di depan kantor Kepolisian Resor setempat. Mereka mendesak aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas temuan Badan Pemeriksa Keuangan terkait dugaan penyimpangan dana Covid-19.

Dengan membawa sejumlah poster dan spanduk, ratusan warga yang tergabung dalam ormas topi bangsa berunjuk rasa di depan Polres Jember pada Kamis (9/6/2022).

Korlap Aksi, Baiquni Purnomo mengatakan bahwa aksi itu sebagai bentuk kekecewaan terhadap aparat penegak hukum, yang dinilai lamban dalam mengusut temuan BPK terkait adanya dugaan penyimpangan dana Covid-19.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, ada dana sebesar 107 milyar rupiah pada anggaran tahun 2020 yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Massa mendesak aparat penegak hukum segera mengungkap dugaan penyimpangan uang negara.

Kasatreskrim Polres Jember, AKP Dika Hadian Wiratama mengatakan bahwa pihak kepolisian masih menunggu rekomendasi dari BPK untuk penyelidikan dan kasus itu sedang ditangani oleh Polda Jatim.

Usai menggelar aksi di Polres, massa bergerak ke kantor Kejaksaan Negeri Jember dan kantor DPRD setempat untuk melanjutkan aksi serupa.

Sumber: kompas.tv