Catatan Berita: PAD Pariwisata Minim, Kadisparbud Gresik Benahi Retribusi di Obyek Wisata

771

JAWA TIMUR,  Kabupaten Gresik salah satu daerah di Jawa Timur yang menyimpan banyak objek wisata. Dari wisata pantai, air terjun, gunung kapur hingga wisata religi Wali Songo Sunan Giri dan Sunan Maulana Malik Ibrahim. Sayangnya, pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata daerah ini, ternyata masih sangat minim.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Gresik, AH Sinaga tidak menepis soal minimnya PAD dari sektor pariwisata ini. Ia juga tidak menampik jika Gresik memiliki banyak pesona objek wisata yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan dan bernilai ekonomi tinggi.

“Tetapi kenapa PAD dari sektor pariwisata ini, minim. Kita terbentur dengan regulasi,” ujar Sinaga, Senin (2/9) kepada Kanalkalimantan.com.

Dijelaskan oleh mantan Sekretaris Dinas Perhubungan Gresik ini, yang diatur oleh regulasi hanya ada dua objek wisata yang dibolehkan ditarik retribusi.  Kedua objek wisata itu yakni wisata Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri.  “Itupun nilainya sangat kecil. Karena itu, di dua objek wisata religi ini, akan kita benahi sehingga pengunjung nyaman dan retribusi pun juga bisa terdongkrak,” katanya.

Selengkapnya…