Dengan Transparansi, Efektif, Efisien Pj Wali Kota Batu Optimis Raih WTP Lagi

448

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai terus mendorong jajarannya mengelola keuangan negara secara tertib, patuh terhadap peraturan perundang-undangan. Dan dengan selalu menerapkan transparansi dan efektif efisien. Aries optimis tahun ini bisa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lagi.

Dorongan Pj Wali Kota ini disampaikan usai menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran 2022 ke Kantor Perwakilan BPK Jawa Timur di Surabaya beberapa waktu lalu.

“Dengan penyerahan tersebut, BPK akan melaksanakan tugasnya, yaitu pemeriksaan terinci atas LKPD Pemerintah Kota Batu TA 2022,” ujar Aries, Selasa (28/3).

Harapan Kota Batu untuk meraih opini WTP tentu bukan suatu yang tidak serius. Apalagi kota ini sudah pernah meraih WTP hingga tujuh kali. Dan WTP ketujuh diraih Kota Batu pada Mei 2022 lalu.

Predikat WTP yang diberikan BPK RI tersebut diberikan ketujuh kalinya secara berturut-turut. Hal ini memperbesar semangat dan motivasi Pemerintah Kota Batu untuk mengejar WTP ke delapan kalinya.

Dalam WTP ketujuh, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI diterima atas Laporan Pemeriksaan BPK RI terhadap LKPD Kota Batu TA 2021. Diketahui, pemeriksaan yang dilakukan BPK RI ini memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. Selain itu, pemeriksaan ini juga bisa digunakan sebagai acuan pemerintah daerah dan DPRD untuk mengambil keputusan terhadap pengelolaan keuangan.

[Selengkapnya di Harian Bhirawa]