Anggaran Pengamanan Pilwali Kota Surabaya 2024 Mencapai Rp 20 Miliar

2055

JawaPos.com–Kota Surabaya bersiap akan mengadakan Pemilihan Wali Kota (Pilwali) pada 2024. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menyusun rencana anggaran pilwali, termasuk untuk pengamanan.

Rencana anggaran untuk Pilwali Surabaya melalui dana hibah yang bersumber dari APBD Surabaya. Dilansir dari Radar Surabaya (Jawa Pos Grup), Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya Maria Theresia Ekawati Rahayu mengatakan, alokasi anggaran pengamanan sebesar Rp 20 miliar untuk aparat TNI dan Polri.

”Dipakai untuk biaya pengamanan agar pemilihan kepala daerah berjalan aman dan kondusif,” ujar Yayuk, sapaan akrab Maria Theresia Ekawati Rahayu.

Meski belum bisa dicairkan, anggaran itu sudah ditetapkan dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD). Anggaran keamanan akan dicairkan saat tahap pilkada sudah berjalan.

”Kita menunggu instruksi lebih lanjut,” ucap Maria Theresia Ekawati Rahayu.

Sementara itu, tahun ini, tahap Pilwali 2024 belum berjalan. KPU Surabaya juga masih menunggu keputusan KPU RI terkait tahap itu. Sebab, jadwal tahap pilkada akan berjalan serentak se-Indonesia.

”Kemungkinan pencairan baru bisa dilakukan tahun depan dengan APBD 2024. Untuk tahap pilkada ini, kami juga terus berkoordinasi dengan KPU,” jelas Maria Theresia Ekawati Rahayu.

Selengkapnya…