Ada 4 Ruas Jalan di Ponorogo yang Bakal Diperbaiki Tahun 2024 Ini, Dimana Saja?

238

PONOROGO – 4 ruas jalan di Ponorogo akan diperbaiki pada tahun 2024 ini. Perbaikan ke 4 ruas jalan ini menggunakan dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK).

“Dari DAK (dana alokasi Khusus) dan DAU (Dana Alokasi Umum) tahun ini 4 ruas diperbaiki,” ungkap Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Ponorogo, Shintawati, Kamis (2/5/2024). Untuk sumber dana dari DAK ada 2 ruas jalan yang akan diperbaiki. Pertama adalah ruas jalan di perempatan Mlilir ke barat arah ke Bakalan.

“Untuk jalan yang diperbaiki sepanjang 3,2 kilometer. Dana yang diperlukan Rp 9,6 Miliar,” kata Shintawai ketika ditemui di kantor bidang Bina Marga.

Ruas jalan kedua adalah di Kecamatan Ngebel. Tepatnya ruas jalan Gondowido ke Toyomarto. “Untuk ruas jalan Gondowido ke Toyomarti sepanjang 2 kilometer dengan dana Rp 7 Miliar,” papar Shintawati.

Dia menerangkan untuk ruas jalan yang akan diperbaiki bersumber dari DAK akan berkontrak pada bulan depan, Juni. “Setelah kontrak nanti bisa dikerjakan,” tambahnya.

Menurutnya, dalam dua ruas jalan itu akan dilakikan perbaikan total atau overlay. Tidak tambal sulam.

“Metode yang akan dilakukan masih revisi. Yang pasti masih menunggu perencanaan,” tegasnya. Sementara dari DAU juga ada dua ruas, pertama adalah ruas jalan Baosan Lor Baosan Kidul. Dana yang akan dikucurkan Rp 1 Miliar untuk perbaikan jalan ini.

“Nanti untuk Baosan Lor ke Baosan Kidul Ngrayun titik nol mungkin di perbatasan Pacitan,” tambahnya.

Ruas kedua adalah ruas jalan Duwet ke Wringianom. Dengan dana DAU sebesar Rp 1,5 Miliar. “Total DAK Rp 16,6 Miliar dan DAU Rp 2,5 Miliar,” pungkasnya.

Selengkapnya…