ECC BPK Adakan Walk In Counseling di BPK Jatim

134

Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Jawa Timur (BPK Jatim) bekerja sama dengan Employee Care Center (ECC) BPK, mengadakan kegiatan Sharing Session dengan tema Mengukir Karakter Pribadi: Fondasi Integritas dan Karakter Pribadi yang Tangguh, Selasa (28/5/2024) di Auditorium BPK Jatim. Kegiatan Sharing Session ini merupakan bagian dari Walk in Counseling (WIC) yang akan diadakan oleh ECC selama dua hari di BPK Jatim (28-29 Mei 2024).

Walk in Counseling yang diadakan oleh ECC ini merupakan sebuah program yang bagus. Ini bentuk kepedulian BPK terhadap kesehatan mental pegawainya. Silakan dimanfaatkan dengan baik,” ujar Kepala Perwakilan, Karyadi saat membuka acara.

Hal senada juga diungkapkan oleh Palupi Widyanthi, Kepala Bagian Kesejahteraan pada Biro SDM. Menurutnya, kesehatan psikis sama pentingnya dengan kesehatan fisik, karena fisik dan mental tidak dapat dipisahkan. Kedua hal tersebut merupakan modal bagi pegawai untuk memberikan yang terbaik kepada organisasi. Namun, berbeda dengan fisik yang semua orang dapat dengan mudah mengetahui jika ada yang sakit pada fisiknya, tidak semua orang dapat langsung mengetahui jika ada gangguan kesehatan pada mentalnya. Oleh karena itu, dibutuhkan orang lain, dalam hal ini Psikolog, untuk membantu. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dengan adanya sharing time ini, kami dapat mensosialisasikan ECC kepada para pegawai, agar para pegawai lebih aware lagi tentang kesehatan mental dan dapat memanfaatkan ECC untuk berkonsultasi,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Sitti Evangeline Imelda Suaidy, yang merupakan Dosen psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Chairul Muttaqien, Analis SDM Aparatur Ahli Muda pada Bagian Kesejahteraan, menjelaskan terkait dengan Employee Care Center (ECC) dan Walk in Counseling (WIC), serta pemaparan materi terkait Fondasi Integritas dan Karakter Pribadi yang Tangguh.

WIC merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh ECC, yang bersifat preventif dan kuratif yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan prioritas pelaksanaan pada satuan kerja perwakilan yang belum terdapat regional ECC. Tujuannya antara lain untuk mengenalkan ECC dan layanan yang diberikan kepada pegawai, memberikan kemudahan dan mendekatkan layanan ECC kepada pegawai di Kantor Perwakilan yang tidak terdapat ECC, dan memberikan layanan edukasi psikologis sesuai dengan kebutuhan pegawai dan satuan kerja.