Anggota I BPK Gelar Entry Meeting Pemeriksaan LKKL Tahun 2023

485

Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur (BPK Jatim) menjadi lokasi diselenggarakannya kegiatan Entry Meeting atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) Tahun Anggaran 2023 Lingkup AKN I pada Satuan Kerja di Wilayah Provinsi Jawa Timur. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengundang Kepala Satuan Kerja Daerah/Wilayah Kementerian dan Lembaga Lingkup AKN I di Provinsi Jawa Timur, Senin (19/02/2024). Acara tersebut dihadiri oleh Anggota I BPK selaku Pimpinan Keuangan Negara I, Nyoman Adhi Suryadnyana.

Mewakili entitas pemeriksaan, Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Razilu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh kementerian/lembaga di lingkup pemeriksaan AKN I, memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada pemeriksaan LKKL Tahun 2022 lalu. “Untuk itu, dalam kegiatan Entry Meeting hari ini, kami berkomitmen untuk menjalin komunikasi yang baik dengan BPK RI selaku pemeriksa, dalam mewujudkan kesamaan persepsi terhadap proses dan pelaksaaan pemeriksaan, serta bersikap kooperatif dan informatif dalam menyediakan data dan dokumen atas pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun 2023, agar dapat berlangsung dengan baik, lancar, efektif, dan efisien” lanjutnya.

Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Anggota I BPK, Nyoman Adhi Suryadnyana dalam sambutannya. Harapan BPK dalam pemeriksaan LKKL Tahun 2023 ini antara lain komunikasi antara pemeriksa dengan semua pihak dapat berjalan dengan baik dan efektif, adanya komitmen untuk bekerja sama dalam tugas masing-masing agar jadwal pemeriksaan dapat dipenuhi secara tepat waktu, akses terhadap data dan dokumen yang berkaitan dengan pelaporan keuangan agar diberikan yang seluas-luasnya, serta peran serta APIP dalam memperlancar pelaksanaan pemeriksaan.

Dalam Renstra BPK 2020-2024, BPK berkontribusi dalam pencapaian tujuan negara, selaras dengan visi Indonesia Emas 2045 melalui Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara. “Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan pagi hari ini, menjadi bagian dari semangat kita untuk menapaki era baru. Karena sebentar lagi kita akan mamasuki Renstra baru, yakni Renstra 2025-2029,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Auditor Utama Keuangan Negara I Akhsanul Khaq dan Kepala Perwakilan BPK Jatim Karyadi.