Banyak Temuan Penyelewengan oleh BPK, Bupati Bondowoso Kecewa

418

Beberapa waktu lalu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tengah melakukan pemeriksaan terhadap jalannya proses pembangunan di Kabupaten Bondowoso. Dari pemeriksaannya, BPK menemukan penyimpangan anggaran di kota tape ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin dalam sambutannya di acara pelantikan dan pengambilan sumpah sejumlah PNS di Pendopo Bupati Bondowoso, Rabu (3/3) kemarin.

Bupati Salwa memaparkan bahwa ia mendapatkan laporan dari BPK jika pemeriksaan belum usai namun sudah banyak temuan. “Saya tadi dapat laporan dari BPK, beliau menyampaikan: Pak Bupati, saya banyak temuan saat ini. Sementara ini saya belum tuntas, sudah banyak temuan,” papar Bupati Salwa tirukan aduan orang BPK.

Berdasarkan laporan yang diterima Bupati Salwa, bahwa jumlah temuan BPK di Bondowoso kali ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Yang artinya, ada peningkatan dugaan penyalahgunaan anggaran. “Kok sekarang masih ada temuan, malah lebih banyak temuan,” ungkapnya.

Atas adanya aduan tersebut, orang nomor satu di Bondowoso ini mengungkapkan bahwa ia sangat kecewa dengan kinerja oknum pejabat yang masih tidak profesional dalam mengemban amanah. “Saya kaget. Kecewa saya,” ungkap Bupati Salwa Arifin.

Menurutnya, pembinaan maupun arahan yang diberikan selama ini tidak berdampak sedikitpun mewujudkan kinerja yang lebih baik. Pasalnya, jumlah temuan BPK justru meningkat. “Kemudian apa hasil bpk tahun lalu. Apalagi sudah ada temuan BPK. Artinya permasalahan yang lalu ada lagi, ada lagi, berarti tidak kerja serius ini,” terangnya.

Ia meminta agar seluruh pejabat yang merasa kinerjanya masih buruk untuk segera berbenah diri. Sebab, Bondowoso dengan visi ‘Melesat’nya dituntut untuk bekerja keras dan benar. “Ayo kita rubah mental untuk bekerja serius dan semangat. Ini harus jadi perhatian. Kita punya Bondowoso melesat, kita dituntut bekerja serius, keras, bekerja melompat. Kita banyak tertinggal,” pintanya.

[Selengkapnya di Harian Bhirawa]