Empat Tahun Memimpin Mundjidah Wahab – Sumrambah Sabet 48 Penghargaan

2447

Tak terasa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Jombang Mundjidah Wahab – Sumrambah sudah mencapai 4 tahun. Artinya tinggal satu tahun lagi pasangan murah sudah genap satu periode memimpin Kabupaten yang berjuluk kota santri ini. Berbagai inovasi dan terobosan dicetuskan selama empat tahun kepemimpinan Bupati dan Wabup Jombang Mundjidah Wahab – Sumrambah.

Selama empat tahun ini, Bupati-Wabup Jombang telah menerima 48 penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional. Ini menjadi bukti nyata duet Mundjidah Rambah (Murah) juga tampak dari perubahan wajah kota dan pembangunan yang terus berbenah. Bupati Mundjidah menyampaikan apresiasi atas kinerja semua pihak dalam membangun Jombang.

”Terimakasih atas kerja keras, peran serta dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Jombang, Forkopimda, satuan kerja perangkat daerah, pemerintahan desa, dunia usaha, seluruh elemen masyarakat didalam mengawal program pembangunan Pemerintah Kabupaten Jombang,’’ kata Mundjidah, Rabu (5/10/2022).

Sejak menjabat 24 September 2018, Bupati Mundjidah dan Wabup Sumrambah telah berhasil merealisasikan sejumlah janji politiknya. Mulai peningkatan infrakstruktur, penyediaan seragam gratis bagi siswa baru jenjang SD/MI dan Mts/SMP, layanan birokrasi cepat dan bebas pungli, peningkatan kualtias pendidikan dan kesehatan dan lain-lain.

”Atas Ridho Alloh SWT,  semoga kami dapat menyelesaikan amanah secara paripurna dapat memenuhi  janji politik setahun berikutnya dalam merevitalisasi pasar, didalam penyempurnaan gedung kesenian, mewujudkan Mall Pelayanan Public, fasilitasi dan relokasi pedagang kaki lima, Revitalisasi Stadion juga Monumen Perdamaian, dapat berjalan sesuai rencana,’’ tambahnya.

Meski demikian, ia tak menampik bila ada beberapa kekurangan dalam merealisasikan janji politiknya. Bupati mengajak masyarakat untuk tetap optimistis.

”Tidak ada gading yang tak retak. Tidak bisa dipungkiri ditengah keberhasilan yang maksimal, tentu ada beberapa hal yang belum dapat memuaskan sebagian masyarakat. Untuk masyarakat Kabupaten Jombang yang tersebar di 302 desa empat kelurahan, kita tetap optimis bersama mewujudkan Kabupaten Jombang yang Baldatun Thoyyibatun Warobun Ghofur,’’ tandasnya.

Bupati menambahkan, selama empat tahun memimpin Jombang, ada sejumlah misi yang telah tercapai. Pertama mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional. Dengan berbagai inovasi layanan publik.

”Kita juga siap melakukan pembangunan Proyek Jombang Smart City hingga 2032. Sebanyak 30 inovasi disusun untuk jangka menengah dan jangka panjang masterplan Jombang Smart City,’’ terangnya.

Kedua, dalam mewujudkan masyarakat jombang yang berkualitas, religius dan berbudaya ada beberapa program yang dilakukan misalnya, pemberian kain seragam gratis, pelaksanaan pendidikan berbasis mulok diniyah, bantuan guru terpencil maupun bantuan alat peraga edukatif (Jombang Berkadang) dan lain-lain.

Ketiga, meningkatkan daya saing perekonomian daerah berbasis kerakyatan dan potensi unggulan diantaranya, revitalisasi Alon-Alon Jombang dan Jalan KH Wahid Hasyim, penambahan ruang terbuka hijau (Taman Informasi), pembangunan Bank Jombang, pembangunan RTLH melalui Jombang Berkadang, pembangunan Jembatan Ploso yang melakukan sinergi dengan pemerintah pusat, pemeliharaan lampu dan jalan, penanganan banjir strategi penanganan banjir, hingga perluasan lapangan kerja.

”Hari ini  menjadi momentum untuk perubahan ke arah yang lebih baik, Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerjasama membangun Kabupaten Jombang, bertahap pembangunan akan terus berlanjut,’’ pungkasnya.

*Berikut Data Pengharggan Pemkab Jombang yang Berhasil dihimpun TIMES Indonesia Selama tahun 2021*

1.Penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait Penerapan Sistem Merit di Instansi Pemerintah dengan nilai BAIK. Diserahkan pada acara Anugerah Meritokrasi di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta,  Kamis (28/1/2021)

2.Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Jawa Timur ditahun 2021. Ini adalah penghargaan delapan kali berturut-turut yang diterima. Penghargaan diberikan di kantor Perwakilan BPK  Jawa Timur di Juanda Sidoarjo, Jum’at (7/5/2021)

3.Pemerintah Kabupaten Jombang untuk kali pertama berhasil meraih ‘Anugerah KPAI 2021’ dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Penghargaan diserahkan secara virtual melalui  Zoom Meeting, pada Kamis (22/7/2021).

4.Pemkab Jombang kembali mampu mempertahankan meraih penghargaan Untuk Pembangunan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Nindya. Penerimaan penghargaan  dilaksanakan secara virtual Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube “Kemen PPPA” pada Kamis, (29/7/2021).

5.Bupati Jombang  Hj. Mundjidah Wahab sebagai TOP Pembina BUMD 2021. Sedangkan Penghargaan kepada PT. BPR Bank Jombang Perseroda sebagai TOP BUMD 2021 # SEKTOR BPR – Bintang 4. Dan Direktur Utama Dr. Afandi Nugroho, S.E., M.M. juga mendapatkan penghargaan TOP CEO BUMD 2021.

6.Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, memberikan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama kepada Kabupaten Jombang. Penghargaan diserahkan secara Virtual pada Rabu (13/10/2021)

7.Bupati Jombang, Mundjidah Wahab menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas pemrakarsa dan penyelenggara tingkeban massal yang diikuti 660 Ibu Hamil dari 21 Kecamatan di Kabupaten Jombang dan prosesi pecah cengkir di 22 titik termasuk di Pendopo Pemkab Jombang pada Sabtu, (23/10/2021).

8.Keberhasilan Kabupaten Jombang mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), hingga 8 kali berturut turut sejak tahun 2013 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diapresiasi oleh Menteri Keuangan RI yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bertempat di Banyuwangi, Jumat (29/10/2021).

9.Penghargaan dan Apresiasi Desa Wisata Galengdowo – Kabupaten Jombang. Sebagai Penyaji Terbaik Virtual Tour Dewa Wisata, East Java Tourism Award Tahun 2021. Penghargaan diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin pada agenda East Java Tourism Award di Hotel Grand Mercure, Malang, Jumat (10/12/2021) yang juga dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

10.Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menerima Penghargaan  dari Dr. (H.C.) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia atas Komitmen dan Kerja Keras dalam Mendorong Percepatan Pembangunan Desa sehingga Seluruh Desa di Kabupaten Jombang Telah Mencapai Status Berkembang, Maju, dan Mandiri. Penghargaan pada Rabu (29/12/2021) di Gedung Negara Grahadi Surabaya disaksikan Gubernur Jawa Khofifah Indar Parawansa.

PENGHARGAAN KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2022

11.Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab pada Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2022, pada Rabu (12/1/2022) di Kantor Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai TERBAIK X, Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

12.Bea Cukai Kediri Award 2022 pada Rabu (9/3/2022) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Jombang sebagai Pengelola DBHCHT Terbaik Tahun 2021.

13. Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menerima Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2022, yakni “Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja”. Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada Peringatan HUT Ke-72 Satuan Polisi Pamong Praja, HUT Ke-60 Satuan Pelindungan Masyarakat, HUT KE-103 Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan yang dilaksanakan di Alun Alun Kota Blitar, Rabu (16/3/2022), diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

14.Pembangunan Daerah Kabupaten Jombang mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Timur. Sebagaimana Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/146/KPTS/013/2022 Tentang Pemenang Penghargaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2022. Jombang berhasil meraih kategori “Kabupaten dengan Perencanaan dan Pencapaian Terbaik III” Se Jawa Timur. Penghargaan diterima langsung oleh Sumrambah, Wakil Bupati Jombang dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Deputi Pemantauan, Evaluasi dan pengendalian Pembangunan Bappenas RI, Dr. Ir. Taufik Hanafi, M. UP pada agenda Pembukaan  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Timur Tahun 2023, yang diselenggarakan pada Selasa, (19/4/2022),  di Hotel Shangri-La, Surabaya.

15.Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menerima penghargaan TOP PEMBINA BUMD 2022 pada Puncak Penghargaan Top Business TOP BUMD AWARDS 2022 yang diselenggarakan pada Rabu, 20 April 2022, di Hotel Raffles Jakarta.

16.Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Jawa Timur (Jatim) di tahun 2022 diterima oleh Bupati Jombang, pada Selasa (26/04/22).

17.Mundjidah Wahab, Bupati Jombang menerima Penghargaan sebagai Tokoh Inspiratif 2022 dari  Forum Komunikasi (Forkom) Jurnalis Nahdliyin atau FJN. Penghargaan diserahkan kepada Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, (15/5/2022) diruang Swagata Pendopo Pemkab Jombang..

18.Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menerima penghargaan Eradikasi Frambusia dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, melalui Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML), atas keberhasilan ‘Nihil’ kasus penyakit Frambusia dalam kurun waktu lima tahun terakhir.. Sertifikat penghargaan bebas penyakit patek atau koreng itu diberikan oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu, mewakili Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin diserahkan pada puncak acara Hari Malaria Sedunia di Mandalika Kuta Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat, Selasa (31/5/2022).

19. Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2022. Penyematan dan penyerahan penghargaan dilakukan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, bertepatan dengan moment Hari Keluarga Nasional, ke-29 di Hotel Santika Dyandra Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (6/7/2022)

20.Pemkab Jombang mendapat kado spesial saat momentum peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022. Pada Jumat (22/7/2022) Pemerintah Kabupaten Jombang meneriman  Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI berhasil diraih. Penghargaan diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga di Hotel Novotel Bogor.

21.Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menerima Penghargaan atas Kinerja Pencapaian Imunisasi Rutin Lengkap untuk periode bulan Jan-Mei 2022 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak  saat melaunching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di wilayah Jawa Timur dalam acara Rapat Koordinasi Prioritas Pembangunan Kesehatan Provinsi Jawa Timur, di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Selasa (02/08/2022) siang.

22.Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menerima penghargaan Lencana Darma Bhakti dari Kwarnas Pramuka saat mengikuti Apel Besar Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu pagi (14/08). Penerimaan Penghargaan Lencana Darma Bhakti Tahun 2022 dari Kwarnas Pramuka ini disematkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa.

23.Gubernur Jawa Timur (Jatim), Hj Khofifah Indar Parawansa memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah daerah dalam mendukung Pembinaan Rehabilitasi Ekosistem Mangrove, Penyuluh Kehutanan, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat, Kelompok Tani Hutan, Kader Konservasi Alam, dan Kelompok Pecinta Alam di Jatim pada agenda Festival Festival Mangrove Jawa Timur I yang diselenggarakan di Penunggul Mangrove Park, Desa Penunggul Nguling, Kabupaten Pasuruan, Selasa (30/08).

24.Penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia Ikatan Guru Indonesia Tahun 2022 (API IGI 2022) Penyerahan API IGI 2022 bertempat di ruang Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, pada Kamis, 15 September 2022.

Sumber: Times Indonesia