Kota Madiun Masuk Nominasi Daerah Terbaik

29

Atas dasar kinerja dan efektivitas pengelolaan APBD Pemerintah Kota Madiun dapat apresiasi dari perusahaan Katadata.co.id. Hal ini ditandai dengan masuknya Kota Pendekar (Pintar Melayani Membangun Peduli Terbuka Karismatik) sebagai nominasi daerah terbaik kategori ketepatan alokasi pendidikan kelompok 1 dalam indeks kelola tahun 2020.

Penganugerahan terbagi dalam tiga tahapan seleksi. Tahap pertama, penilaian administratif yang mencakup hasil audit atas pengelolaan APBD harus mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Kedua, penilaian kuantitatif yang mengacu pada ketepatan alokasi anggaran sesuai kebutuhan pembangunan dan mengacu pada besaran dampak penggunaan anggaran terhadap hasil pembangunan. Ketiga, penilaian kualitatif yang mencakup kebijakan atau inovasi yang dilakukan pemerintah daerah dalam mendorong pembangunan di daerah masing-masing.

Wali Kota Madiun, Maidi menyampaikan paparan beragam inovasi dalam bidang pendidikan, di hadapan para tim penilai yang dilakukan secara virtual. Menurutnya, semua perubahan saat ini pasti berasal dari ilmu pengetahuan.

“Maka kita buat visi misi Madiun Pintar dengan 13 program. Di antaranya beasiswa bagi tenaga kependidikan dan memberikan bantuan laptop atau notebook dan seragam gratis kepada siswa SD dan SMP di Kota Madiun,” kata Wali Kota Madiun, Maidi, saat memberikan pemaparan Berbagai Inovasi Kota Pendekar, Senin (28/9).

[Selengkapnya di Harian Bhirawa]