Sekilas APBD Jember 2023, Beasiswa Mahasiswa akan Diperketat

7441

Proses perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Tahun Amggaran 2023 diselaraskan dengan program prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Pada 2023, ada satu tema pembangunan kesejahteraan sosial dan bidang ekonomi. Tentunya tahun depan banyak program menyentuh ke sana,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jember Hadi Mulyono, ditulis Selasa (23/8/2022).

Selain bidang pendidikan, kesehatan, dan pertanian, bidang infrastruktur menjadi prioritas. Pemkab Jember pada 2021 dan 2022 sudah memperbaiki jalan sepanjang 1.100 kilometer. “Masih ada 800 kilometer lagi yang akan tetap digarap ke depan,” kata Hadi.

Sementara dalam bidang ekonomi, menurut Hadi, ada program peningkatan usaha mikro kecil menengah dan perekrutan tenaga kerja kebersihan dalam program J-Berteman (Jember Bersih, Tertib, Nyaman). “Program ini untuk mengatasi pengangguran di Jember,” katanya.

“Di bidang pendidikan, ada prioritas rehabilitasi kondisi sekolah dan beasiswa untuk mahasiswa tetap dilaksanakan. Pada tahun pertama ada lima ribu mahasiswa, tahun kedua jadi 10 ribu, dan tahun ketiga nanti jadi 15 ribu mahasiswa penerima beasiswa,” kata Hadi.

Khusus untuk program beasiswa mahasiswa, Hadi mengatakan, mekanisme perekrutannya disempurnakan setiap tahun oleh Dinas Pendidikan Jember. “Kalau kemarin bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, seleksinya di perguruan tinggi. Tentunya dengan adanya temuan (Badan Pemeriksa Keuangan) masih ada double (nama ganda) dan sebagainya, maka akan disempurnakan lagi dan dituangkan dalam petunjuk teknis perekrutan beasiswa untuk mahasiswa,” katanya.

Sumber: beritajatim.com