Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul: Semua Perangkat Daerah Harus Memperbaiki Kinerja

52

Dalam rangka mengikuti Focus Group Discusion (FGD) terkait dengan penguatan fiskal daerah. Serta dalam rangka membangun ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan Kota Pasuruan yang semakin tangguh dan tumbuh.

Pemerintah Kota Pasuruan, Kamis (23/9/2021) melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Direktur Jendral Perbendaharaan Propinsi Jawa Timur.

Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyampaikan, kunjungan dimaksudkan FGD untuk memperbaiki kinerja Perangkat Daerah terutama disektor keuangan. Selain itu dengan melakukan sinkronisasi data, karena selama ini data yang dimiliki masih manual. Belum masuk kesuatu sistem yang menjadi data bersama antara perencanaan dan penganggaran masih terpisah.

“BPK dan KPK merekomendasikan Pemkot Pasuruan untuk segera berbenah. Dari kegiatan FGD ini kita banyak mendapat masukan rencana untuk memperbaiki kinerja khususnya penerimaan pajak dan pengelolaan aset” ujarnya.

Dalam sambutannya Gus Ipul menyampaikan Kota Pasuruan memiliki potensi juga mempunyai masalah. Salah satunya penyerapan anggaran, persoalan ini merupakan persoalan fiskal yang yang harus diselesaikan dan dicari penyebabnya.

“Saya akan membentuk satgas penyerapan anggaran yang diketuai oleh Sekda Pemkot Pasuruan didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan untuk mengontrol kondisi real time penyerapan anggaran di masing-masing Perangkat Daerah,” ujarnya.

Selanjutnya disampaikan, bahwa banyak pekerjaan rumah di Pemkot Pasuruan. Di antaranya sebelumnya Pemkot Pasuruan meraih WDP, namun sekarang di tahun 2020 sudah WTP, Sakip masih B dan akan diusahakan untuk mendapatkan A, MCP di Pemkot Pasuruan nilainya 44.

KPK menghendaki diakhir tahun 2021 Pemkot Pasuruan mencapai target nilainya 90. Untuk itu perlu adanya perbaikan tata kelola pemerintahan dengan kerja keras Perangkat Daerah.

Kunjungan kerja ini dipimpin langsung Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul ) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Mas Adi, Seketaris Daerah Kota Pasuruan dan diikuti Kepala Perangkat Daerah terkait yang dilaksanakan di Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur.

Sumber: faktualnews.co