8 Parpol Kota Probolinggo Dapat Bantuan Keuangan

551

Sebanyak delapan partai politik menerima bantuan keuangan yang diprioritaskan untuk melaksanakan pendidikan politik bagi anggota parpol dan masyarakat. Delapan parpol yang dimaksud adalah PDIP, Golkar, PKB, Gerindra, PPP, Partai Demokrat, PKS, dan Partai Nasdem. Bantuan keuangan itu bersumber dari APBD Kota Probolinggo tahun 2022.

Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan kepada ketua atau perwakilan dan bendahara parpol oleh Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo dan Plt Kepala Bakesbangpol Titik Widayawati, di Aula Bakesbangpol. Penyaluran ini perlu disampaikan dengan tanda bukti penerimaan bantuan keuangan yang disalurkan disertai dengan penandatanganan berita acara serah terima (BAST).

Mewakili Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, Aspem Gogol Sudjarwo mengatakan bantuan ini penting. Sebagaimana mengacu pada Permendagri 78/2020 tentang perubahan atas Permendagri 36/2018 tentang tata cara penghitungan, penganggaran dalam anggaran pendapatan belanja daerah dan tertib administrasi pengajuan, penyaluran, dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik dan Perwali Kota Probolinggo 60/2020 tentang pedoman pengelolaan parpol.

“Jika ada temuan yang repot nanti adalah bapak atau ibu dan kita semua. Oleh karena itu, mari dipedomani sesuai dengan Permendagri dan Perwali yang kita sebut tadi,” seru Gogol.

Diakui Gogol, beberapa temuan bersifat administrasi di tahun 2021 masih kerap ditemui oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), misalnya adalah kelengkapan SPJ. Untuk itu, ia berharap ke depan dengan adanya evaluasi ini dapat diperbaiki lagi.

[Selengkapnya di Harian Bhirawa]