BPK Jawa Timur Raih Penghargaan Peringkat Pertama PIK Terbaik Tahun 2020

942

BPK Jawa Timur meraih predikat Peringkat Pertama Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) Terbaik Tahun 2020. Predikat tersebut diberikan oleh BPK RI Pusat kepada BPK Jawa Timur dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) Humas BPK Tahun 2021 yang digelar secara daring pada Kamis, 18 November 2021.

Dalam rakor yang diikuti seluruh satuan kerja di BPK RI yang membidangi kehumasan itu, Sekretaris Jenderal BPK RI Bahtiar Arif mengapresiasi berbagai upaya dan capaian BPK Jawa Timur sehingga menjadi Peringkat Pertama PIK Terbaik Tahun 2020. Prestasi ini diharapkan dapat mendorong BPK Jawa Timur untuk terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dalam mengakses layanan PIK, baik permintaan informasi publik maupun pengaduan masyarakat.

Saat menerima penghargaan Peringkat Pertama PIK Terbaik dari Sekretaris Jenderal secara virtual, Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Joko Agus Setyono menyatakan bahwa prestasi yang diraih BPK Jawa Timur tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, termasuk pimpinan BPK. Dengan dukungan tersebut, BPK Jawa Timur berhasil melahirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) di Jawa Timur.

“Hingga saat ini, BPK Jawa Timur telah menerapkan berbagai inovasi pelayanan, di antaranya komunikasi stakeholder dan whatsapp Layanan Pengaduan Masyarakat melalui nomor 0811 322 99 000,” jelas Kepala Perwakilan.

Melalui komunikasi stakeholder, selain memberikan layanan komunikasi terkait pemeriksaan kepada DPRD dan pemerintah daerah, BPK Jawa Timur juga memfasilitasi komunikasi dengan masyarakat terkait penyampaian aspirasi/pengaduan masyarakat. Inovasi yang pada tahun 2020 bernama komunikasi audit ini telah dimanfaatkan oleh banyak instansi/lembaga di Jawa Timur.

Begitu juga dengan whatsapp Layanan Pengaduan Masyarakat. Sejak di-launching pada Juni 2020, layanan ini telah dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat untuk berkomunikasi maupun menyampaikan pengaduan masyarakat kepada BPK Jawa Timur. Layanan ini semakin efektif, terutama setelah layanan tatap muka PIK ditutup sementara sejak awal pandemi Covid-19.

Penghargaan yang diraih ini menjadi penyemangat BPK Jawa Timur dalam meningkatkan kinerja pemeriksaan dan pelayanan kepada masyakat. Pada tahun ini, BPK Jawa Timur juga berupaya meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.