Company Visit Mahasiswa STIESIA Surabaya ke BPK Jatim

161

BPK Jawa Timur menerima kunjungan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Kamis (21/7/2022). Kegiatan company visit secara offline ini pertama kalinya dilaksanakan kembali sejak pandemi Covid-19. Sebanyak 60 orang mahasiswa melakukan office tour dipandu oleh panitia. Kegiatan dilanjutkan di ruang auditorium dengan agenda sosialisasi ke-BPK-an yang bertujuan agar para mahasiswa lebih mengenal BPK.

Mewakili Kepala Perwakilan, Kepala Subbagian Humas, Shinta Lamria, membuka acara. Dalam sambutannya, Kepala Subbagian Humas menyambut baik kedatangan para peserta company visit dan berharap agar setelah kembali dari BPK Jawa Timur, mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru, khususnya tentang BPK. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Bagian Kemahasiswaan STIESIA Surabaya, Dewi Maryam. “Terima kasih kepada BPK Jawa Timur yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa STIESIA untuk meng-explore dan mengetahui lebih jauh seperti apa BPK,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Subbagian Humas, Shinta Lamria, memberikan pemaparan mengenai ke-BPK-an dengan moderator Nurani Mahendra Dhata. Dalam paparan tersebut antara lain dijelaskan tentang posisi BPK dalam ketatanegaraan Indonesia, dasar hukum, visi dan misi, nilai-nilai dasar, jenis pemeriksaan dan opini yang dikeluarkan BPK.

Setelah pemaparan mengenai Ke-BPK-an, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya. Melalui sesi tanya jawab ini, peserta diharapkan lebih memahami materi yang telah disampaikan. Di akhir acara, panitia mengajak para peserta untuk bermain quiz. Quiz secara online melalui gawai masing-masing tersebut merupakan evaluasi karena berisi pertanyaan-pertanyaan seputar BPK yang telah dijelaskan dalam paparan, dan dikemas secara lebih menarik. Acara sosialisasi ditutup dengan pertukaran cindera mata antara BPK Jatim dengan STIESIA Surabaya yang dilanjutkan dengan foto bersama.