Dalami Pembangunan Zona Integritas, BPK Sulawesi Barat Lakukan Peer Assist dengan BPK Jawa Timur

563

Reformasi birokrasi memerlukan peran serta seluruh jajaran organisasi, dari pucuk pimpinan hingga pelaksana paling bawah. Keterlibatan semua pihak diperlukan agar perubahan pola pikir (mindset) yang merupakan dasar dari reformasi birokrasi melalui pembangunan zona integritas dapat tertanam dan diterapkan di lingkungan kerja. Selain itu, keteladanan pimpinan memegang peranan penting dalam implementasi reformasi birokrasi di institusinya.

“Ketika pimpinan sudah memberi contoh, seluruh jajaran di bawahnya akan ikut menyesuaikan dan yang tidak ikut berubah akan malu sendiri,” jelas Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Joko Agus Setyono.

Hal itu dinyatakan oleh Kepala Perwakilan saat menerima jajaran pejabat dan pelaksana dari BPK Sulawesi Barat dalam forum bantuan kawan dekat (peer assist) di Auditorium BPK Jawa Timur, Kamis (9/12/2021). Forum ini menjadi kesempatan bagi BPK Jawa Timur untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan sesama satuan kerja BPK terkait pembangunan zona integritas.

Kepala Perwakilan juga menyebut bahwa cara mewujudkan perubahan menjadi lebih baik adalah melalui inovasi. Melalui inovasi, berbagai permasalahan yang menghambat pekerjaan dapat diatasi sekaligus meningkatkan kinerja. Untuk itu, kreativitas menjadi kata kunci yang wajib dipedomani oleh seluruh satuan kerja. Kreativitas terbukti melahirkan berbagai inovasi di BPK Jawa Timur untuk mendukung pencapaian tujuan Rencana Strategis BPK Jawa Timur 2020-2024, yaitu meningkatnya tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat.

Dalam forum ini, Kepala Sekretariat Perwakilan Sulawesi Barat Aminullah menyampaikan tujuan kunjungan ke BPK Jawa Timur yaitu menggali informasi tentang strategi BPK Jawa Timur membangun zona integritas. Pengalaman BPK Jawa Timur dalam membangun zona integritas menjadi masukan berharga untuk diterapkan di BPK Sulawesi Barat dengan menyesuaikan kondisi setempat.

Selain memperoleh penjelasan dari Kepala Perwakilan, para pejabat dari BPK Sulawesi Barat juga melakukan tanya jawab terkait teknis penerapan inovasi di BPK Jawa Timur. Selanjutnya, mereka juga meninjau beberapa prasarana dan sarana pendukung inovasi dan layanan di BPK Jawa Timur. Hasil kunjungan ini diharapkan dapat memotivasi BPK Sulawesi Barat untuk mewujudkan perubahan di satuan kerjanya dalam rangka pembangunan zona integritas.