Ketua BPK dan Tortama V Saksikan Pergantian Pimpinan BPK Jatim

146

BPK Jawa Timur menyelenggarakan acara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Perwakilan, Senin (12/9/2022) di ruang auditorium BPK Jawa Timur. Kepala Perwakilan sebelumnya, Joko Agus Setyono yang menjabat sejak 31 Januari 2020 digantikan oleh Karyadi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara. Acara disaksikan oleh Ketua BPK, Isma Yatun dan Auditor Utama Keuangan Negara V BPK (Tortama KN V), Dori Santosa, serta dihadiri Gubernur dan Ketua DPRD Jawa Timur.

Acara dibuka dengan perpaduan beberapa budaya Jawa Timur, yakni tari remo, kuda lumping, bujang ganong, klana sewandana, dan gunungan/warokan yang dibawakan oleh para orang pegawai BPK Jawa Timur. Sendratari tersebut merupakan wujud nilai-nilai kehidupan yang menggambarkan sikap tegas, kuat, keras, cepat, dan sigap. Dilanjutkan dengan prosesi serah terima jabatan, yakni penandatanganan berita acara sertijab dan penyerahan memori jabatan dari Kepala Perwakilan terdahulu kepada Kepala Perwakilan baru.

“Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Pak Joko atas dedikasinya mengawal seluruh proses yang ada di Jawa Timur, dan selamat datang kepada Pak Karyadi, mudah-mudahan proses yang telah kita bangun selama ini akan terus bisa dikawal dengan baik,” ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam sambutannya.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua BPK, Isma Yatun, menyampaikan bahwa BPK secara terstruktur dan sistematis melakukan promosi, rotasi, dan mutasi bagi para pejabat dan pegawainya. Menurutnya, kegiatan promosi, rotasi, dan mutasi merupakan upaya yang harus selalu dilakukan dalam rangka menjaga dan membangun budaya organisasi BPK, yang berlandaskan pada nilai-nilai dasar independensi, integritas, dan profesionalisme.

“BPK terus berupaya meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan nasional melalui pemeriksaan keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat. Pada akhir tahun 2021, BPK Jatim telah memperoleh predikat zona integritas sebagai Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Itu artinya, BPK Jatim siap melayani setiap pemangku kepentingan secara independen, berintegritas dan profesional,” lanjutnya.

Mengakhiri sambutan, Ketua BPK mengucapkan terima kasih kepada Joko Agus Setyono yang kini menjadi Kepala Perwakilan BPK Bali, atas kerja keras dan dedikasi selama bertugas di BPK Jawa Timur, sehingga keberadaan BPK melalui pemeriksaan dapat dirasakan secara nyata oleh seluruh entitas di Jawa Timur. Sementara itu, Kepala Perwakilan yang baru, Karyadi, diharapkan mampu memperkokoh keberadaan BPK di Provinsi Jawa Timur, dan terus membina komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah di wilayah Jawa Timur, serta memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang lebih baik, transparan, dan akuntabel.

Usai sambutan Ketua BPK, para tamu undangan yang terdiri dari para kepala daerah dan pimpinan DPRD di Jawa Timur, jajaran forkopimda Provinsi Jawa Timur, dan pimpinan beberapa instansi vertikal di Jawa Timur, secara bergantian berfoto bersama serta memberikan ucapan selamat kepada Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur.