Mahasiswa UNDIP Company Visit ke BPK Jatim

586

BPK Jatim menerima kunjungan mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro (UNDIP), Selasa (7/2/2023). Rombongan mahasiswa dari Semarang tersebut melakukan office tour dipandu oleh panitia. Kegiatan dilanjutkan di ruang auditorium dengan agenda sosialisasi ke-BPK-an yang bertujuan agar para mahasiswa lebih mengenal BPK. Kegiatan company visit tersebut dibuka oleh Kepala Perwakilan BPK Jatim, Karyadi.

“Pesan saya, jangan hanya sekedar kuliah, berorganisasilah sebaik-baiknya. Jangan hanya mengandalkan akademis, karena saat berada di dunia kerja, pengalaman berorganisasi itu sangat berguna. Jangan hanya belajar teori saja, namun pengetahuan kita juga harus luas. Harapan kami teman-teman ini dapat menjadi penerus untuk mengawal harta negara,” pesan Kepala Perwakilan dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Program Studi S1 Akuntansi Undip sekaligus dosen pendamping Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Agung Juliarto, mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk melaksanakan KKL di BPK Jatim. “Dengan adanya kegiatan KKL ini, mahasiswa diharapkan lebih memahami tentang salah satu bidang kerja yang dapat mereka pilih ke depannya,” lanjutnya.

Selanjutnya, 189 orang mahasiswa semester enam tersebut menyimak materi ke-BPK-an yang disampaikan oleh Kepala Subbagian Humas, Shinta Lamria. Dalam paparan tersebut antara lain dijelaskan tentang posisi BPK dalam ketatanegaraan Indonesia, visi dan misi, nilai-nilai dasar, jenis pemeriksaan dan opini yang dikeluarkan BPK, serta peran BPK dalam kancah internasional seperti SAI 20. Setelah pemaparan mengenai Ke-BPK-an, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya. Melalui sesi tanya jawab ini, peserta diharapkan lebih memahami materi yang telah disampaikan.