Peran dan Kontribusi BPK dalam Pencapaian SDGs

936

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. BPK turut berperan aktif dan berkontribusi dalam pencapain SDGs di Indonesia.

“SDGs ini sudah dipakai sebagai acuan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah, berkaitan dengan perencanaan. BPK sendiri tengah melakukan pemeriksaan mengenai peningkatan ekonomi, kesenjangan dan pemerataan IPM, kualitas dan daya saing SDM, termasuk lingkungan hidup.  Tahun 2022 kemarin, BPK Jatim juga melakukan pemeriksaan atas pengelolaan sampah,” ujar Kepala Perwakilan BPK Jatim, Karyadi.

Hal tersebut disampaikan saat menjadi narasumber Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan II Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, pada Selasa (14/2/2023), di Jatim Corporate University BPSDM Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Materi yang disampaikan, yakni “Strategi Reformasi Birokrasi dalam Peningkatan Investasi untuk Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs)”. Pelatihan tersebut diikuti oleh 60 orang peserta yang berasal dari satuan kerja ASN di lingkungan pemerintah pusat/provinsi/kabupaten/kota serta instansi vertikal di Indonesia.