Semarakkan HUT BPK RI Ke-75, BPK Jawa Timur Gelar Berbagai Kegiatan

738

Tahun ini BPK RI memasuki usia ke-75. Sebagai lembaga negara yang dibentuk dalam rangka melaksanakan amanah UUD 1945, BPK RI bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Sejak berdiri pada 1 Januari 1947, BPK RI terus bertransformasi mewujudkan perannya dalam mengawal pengelolaan keuangan negara agar tujuan bernegara dapat tercapai.

Sebagai wujud syukur atas berbagai capaian yang telah diraih, BPK Jawa Timur menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam rangka HUT BPK RI. Diawali pada tanggal 7 Januari 2022, BPK Jawa Timur mengajak para pegawai untuk rela menolong sesama melalui kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Unit Donor Darah PMI Kabupaten Sidoarjo.

Selanjutnya seluruh unit kerja diajak berkompetisi dalam aneka pertandingan dan ­fun games yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 Januari 2022. Dalam kompetisi ini, seluruh unit kerja mengirimkan perwakilan terbaiknya untuk meraih juara dengan dimeriahkan oleh suporter masing-masing unit kerja.

Kegiatan puncak perayaan HUT BPK RI ke-75 digelar pada Kamis (13/1/2022) melalui family gathering keluarga besar BPK Jawa Timur. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir, kegiatan ini bertempat di Kantor BPK Jawa Timur dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, seperti pelaksanaan swab antigen bagi para pegawai yang akan mengikuti kegiatan, penyediaan masker, serta sarana cuci tangan dan hand sanitizer.

Family gathering diawali dengan senam pagi bersama dilanjutkan pelepasan burung pipit secara bersama-sama oleh Kepala Perwakilan, Ketua Dharma Wanita Persatuan BPK Jawa Timur, Kepala Sekretariat Perwakilan, serta para Kepala Subauditorat. Pelepasan burung pipit ini sebagai simbol kebebasan dari kungkungan permasalahan menuju kepada kesuksesan BPK serta harapan yang tinggi atas peningkatan kesejahteraan seluruh insan BPK sebagaimana tema HUT BPK RI Ke-75 “Tumbuh Bersama”.

Setelah senam pagi, family gathering dilanjutkan dengan lomba goyang tiktok dan lomba nyanyi yang diikuti perwakilan seluruh unit kerja Eselon III. Selain itu, panitia juga mengumumkan pemenang lomba-lomba serta juara umum lomba HUT BPK RI ke-75, yang pada tahun ini diraih oleh Subauditorat Jatim I.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan para bintang tamu serta para pegawai yang membawakan lagu-lagu sehingga family gathering semakin semarak. Family gathering ditutup dengan pembacaan puisi “Indonesia Tanah Sajadah” karya KH Zawawi Imron yang dibacakan oleh Pemeriksa Madya yang juga pegawai paling senior di BPK Jawa Timur, Teguh, dilanjutkan menyanyikan lagu “Rumah Kita” oleh seluruh pegawai.

Semarak perayaan HUT BPK RI ke-75 diakhiri dengan bakti sosial pada Jum’at (14/1/2022), berupa penyerahan donasi kepada yatim piatu yang disalurkan melalui tiga panti asuhan serta beasiswa pendidikan kepada pegawai non ASN (pegawai tidak tetap dan petugas cleaning service) di lingkungan BPK Jawa Timur. Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Joko Agus Setyono berharap semangat HUT BPK RI ke-75 dapat dirasakan oleh seluruh pegawai sehingga semakin menambah kecintaan kepada BPK RI serta memacu peningkatan kinerja agar BPK RI, khususnya BPK Jawa Timur, tumbuh bersama untuk kemajuan bersama.