Cegah ASN Jatim Berperilaku Curang, Gubernur Khofifah Ajak Kolaborasi ACFE

160

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) Indonesia Chapter untuk berkolaborasi dalam upaya menghindarkan Aparatur Sipil Negara (ASN) Jatim dari perilaku curang atau fraud. Salah satu bentuknya, Gubernur Khofifah akan secara khusus mengundang ACFE untuk menjadi narasumber khusus dalam program ASN Belajar. Dengan demikian, diharapkan para speaker ACFE bisa berbagi materi tentang perilaku kecurangan.

“Sebagai asosiasi yang menyediakan pendidikan dan pelatihan anti-fraud, kami ingin berkolaborasi agar ke depan ACFE bisa turut serta menjadi narasumber dalam program ASN Belajar untuk menghindarkan ASN di Jatim dari perilaku fraud,” kata Gubernur Khofifah usai kegiatan National Anti-Fraud Conference (NAFC) di Surabaya, Kamis (14/9).

Tak hanya itu, ajakan tersebut juga dikatakan Gubernur Khofifah sebagai wujud sinergi dan kolaborasi yang solid dari para stakeholders. utamanya, dalam meguatkan pencegahan fraud dan pendeteksian melalui rancangan kontrol internal dan implementasi fraud control yang memadai. “Momentum ini dapat menjadi building blocks untuk menanggulangi korupsi secara holistik, komprehensif, sinergis, dan kolaboratif sebagaimana tema konferensi kalo ini yang mengambil motto dari pemerintah daerah Jawa Timur ‘Jer Basuki Mawa Beya’ (tidak akan pernah ada keberhasilan tanpa pengorbanan),” tegasnya.

Presiden ACFE Herry Subowo menambahkan strategi pengendalian fraud dapat dilakukan melalui tiga hal, yakni transformasi nilai, implementasi nilai, dan internalisasi. Sedangkan empat pilar pengendalian fraud antara lain, pencegahan, deteksi, investigasi dan tindak lanjut. “Fraud adalah masalah manusianya, bukan soal prosedur, kebijakan, atau pengendalian internal,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Isma Yatun mengapresiasi ACFE Indonesia Chapter yang secara konsisten memfasiltasi berbagai kegiatan melalui pelatihan, diskusi, sertifikasi, dan workshop.

[Selengkapnya di Harian Pagi Surya]