BPK Jatim Bagikan Kiat dan Strategi Pembangunan ZI Menuju WBBM

497

Inspektorat Utama BPK RI menginisiasi Program Mentoring Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) untuk menjaga keberlangsungan pembangunan ZI dan saling menjadi contoh antarsatker Pembangunan Zona Integritas (ZI). Sebagai salah satu satker yang telah berhasil meraih WBBM, BPK Jatim menjadi salah satu mentor dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan mentoring dilaksanakan pada Selasa (11/7/2023) di Ruang Auditorium BPK Jatim, dengan peserta dari BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur dan Auditorat Keuangan Negara II. Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Jatim, Al Kausar, memimpin tim mentor dalam kegiatan tersebut.

Materi mentoring meliputi persiapan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi pembangunan ZI, serta implementasi pengelolaan inovasi, pengawasan, birokrasi bersih dan melayani. Dalam mentoring tersebut, tim BPK Jatim berbagi pengalaman dalam evaluasi pembangunan ZI.

Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM merupakan bentuk pengakuan pada level nasional untuk unit/satuan kerja yang telah berhasil menciptakan, mengembangkan, dan mempertahankan wilayahnya untuk bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta berhasil dalam mewujudkan birokrasi bersih dan melayani.