BPK Jatim Manfaatkan BIDICS dalam Pemeriksaan

1434

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berupaya mengembangkan dan meningkatkan pemanfaatan big data analytics (BIDICS). Untuk mendukung hal tersebut, Biro Teknologi Informasi (TI) BPK bekerja sama dengan BPK Jawa TImur mengadakan Sosialisasi BIDICS dalam kerangka Digital Enterprise Architecture (DNA) BPK dan Workshop Analisis Database SIMDA Menggunakan BIDICS Platform.

“Di era digital ini, mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus menguasai teknologi informasi. Biro TI telah mengembangkan suatu sistem untuk mendukung pemeriksaan yang harus kita gunakan, antara lain Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SiAP), Sistem Manajemen Kinerja (MAKIN), Sistem Manajemen Pemeriksaan (SMP), dan sebagainya. BIDICS ini merupakan aplikasi yang baru dikembangkan oleh Biro TI untuk mempermudah proses pemeriksaan,” ujar Kepala Perwakilan, Karyadi, saat membuka acara, Selasa (18/10/2022).

Sementara itu, menurut Kepala Biro Teknologi Informasi BPK, Pranoto, sejalan dengan rencana strategis BPK tahun 2020-2024, Biro Ti melaksanakan transformasi digital dalam pemeriksaan dan kelembagaan dengan membangun Digital Architecture BPK, menguatkan tata kelola teknologi informasi (keamanan informasi dan kualitas sistem informasi), serta mengembangkan Big Data Analytics sebagai pendukung utama Decision Support System BPK. Tujuannya adalah meningkatnya manfaat hasil analisis data dan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan dan penentuan kebijakan.

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Bagian Dukungan Pemeriksaan dan Manajemen Kinerja Teknologi Informasi, Pingky Dezar Zulkarnain, Kepala Subbagian Dukungan Pemeriksaan, Yusuf Efendi Kusuma, Pranata Komputer Ahli Muda, Tutin Giyani, Nia Angga Ratnafiri, dan Muhammad Ali Ma’sum. Materi yang disosialisasikan antara lain Digital Enterprise Architecture (DNA) BPK, pengembangan dan pemanfaatan BIDICS untuk pemeriksaan dan kelembagaan, praktik pemanfaatan BIDICS, Self Service Analytics (SSA), serta diskusi pemahaman data dan pengembangan query

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut, ditutup pada Jumat (21/10/2022) oleh Kepala Perwakilan. “Meskipun masih dalam tahap pengembangan, kami mengapresiasi dan mendukung BIDICS ini, sehingga ke depannya BIDICS akan membawa banyak manfaat, khususnya dalam pemeriksaan,” ujarnya menutup sosialisasi.