Layanan Eazy Passport Hadir di BPK Jatim

669

Dalam rangka melayani kebutuhan para pegawainya, BPK Jawa Timur bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya menyelenggarakan layanan Eazy Passport di kantor BPK Jawa Timur. Layanan Eazy Passport merupakan layanan resmi permohonan paspor yang dilaksanakan di luar kantor Imigrasi, yang dapat dilaksanakan di tempat pemohon.

Sejak bulan September yang lalu, pegawai yang mengajukan permohonan pembuatan atau perpanjangan paspor secara kolektif telah mengisi dan menyerahkan formulir serta syarat kelengkapan kepada Subbagian SDM yang dalam hal ini bertindak sebagai panitia pelaksana. Setelah menerima berkas, pihak Imigrasi melakukan wawancara dan pengambilan data biometrik berupa foto dan rekam sidik jari kepada 107 orang pegawai BPK Jawa Timur dan keluarga yang lolos pemeriksaan berkas persyaratan, pada Selasa (25/10/2022).

Selanjutnya, pemohon dapat melakukan pembayaran pembuatan paspor melalui berbagai platform pembayaran, termasuk pembayaran elektronik seperti e-wallet DANA, e-commerce Tokopedia dan Bukalapak, Pos Indonesia, Indomaret, serta melalui mobile banking BNI, Livin’ Mandiri, BSI, dan Simobi. Paspor yang telah tercetak dapat diambil secara kolektif oleh perwakilan dari instansi, maupun dikirim melalui jasa PT Pos Indonesia ke alamat pemohon.

Program ini sangat efektif dan memudahkan pegawai BPK Jawa Timur dalam pembuatan dan perpanjangan paspor, mengingat pegawai dapat menghemat waktu dan biaya transportasi karena tidak perlu datang ke kantor Imigrasi.