BPK Jatim Minta Pemda Optimalkan Majelis TPTGR

750

Kepala Perwakilan BPK Jatim, Karyadi, membuka acara Pemantauan dan Pembahasan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan dan Penyelesaian Ganti Kerugian Daerah di Wilayah Provinsi Jawa Timur Semester II Tahun 2022, Rabu (7/12/2022), di ruang auditorium BPK Jatim. Acara seremonial ini dihadiri oleh para Sekretaris Daerah, Inspektur, serta Kepala BPKAD di Wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Kegiatan hari ini merupakan bagian dari rangkaian akuntablitilas kita dalam upaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Kami mengharapkan kerja sama yang baik dalam menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK. Untuk apa BPK memeriksa kalau tidak bisa ditindaklanjuti. Terkait penyelesaian ganti kerugian daerah, kami berharap Majelis TPTGR masing-masing daerah dapat dioptimalkan lagi,” ujar Kepala Perwakilan dalam sambutan pembukaannya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, mengatakan salah satu hal yang paling berat setelah mencegah terjadinya fraud, adalah menindaklanjuti rekomendasi BPK, baik secara adminsitrasi maupun TGR. Namun demikian, Pemerintah Daerah berusaha secara maksimal untuk menindaklanjuti seluruh rekomendasi dari BPK demi perbaikan yang lebih baik.

Kegiatan Pembahasan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan dan Penyelesaian Ganti Kerugian Daerah di Wilayah Provinsi Jawa Timur Semester II Tahun 2022 bertujuan meningkatkan efektivitas pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan atas Laporan Hasil Pemeriksaan BPK yang telah diserahkan kepada pemerintah daerah di wilayah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama lima hari (8 s.d. 14 Desember 2022). Pembahas dari pihak BPK Jatim menganalisis dokumen bukti penyelesaian tindak lanjut yang disampaikan Inspektorat dan melakukan update atas tindak lanjut rekomendasi untuk semester II 2022. Pembahasan tindak lanjut yang telah final akan disampaikan kembali kepada pemerintah daerah dalam bentuk Laporan Hasil Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi BPK Semester II 2022.