HUT Ke-75, BPK RI Bertahan dan Berkembang Menghadapi Berbagai Tekanan

777

Menginjak usia 75 tahun, BPK RI berhasil bertahan, berkembang, serta berhasil berprestasi di berbagai level, baik nasional, regional, kontinental, maupun internasional. Untuk menghasilkan prestasi yang dicapai saat ini, BPK menghadapi berbagai tantangan dan terbukti bertahan terhadap berbagai tekanan serta bertransformasi meningkatkan maturitas perannya hingga mencapai foresight yang memberi kontribusi strategis pada level macro-policy.

Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna menyebut bahwa sepanjang tahun 2021 BPK menerima lebih dari 30 penghargaan di tingkat nasional. BPK juga mendapat kepercayaan sebagai auditor eksternal bagi lembaga-lembaga internasional, seperti IACA, IAEA, dan IMO. Bahkan, dalam sejarah 76 tahun sejak dibentuknya United Nation / Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), baru BPK RI yang menduduki jabatan strategis sekaligus di bidang pemeriksaan dalam organisasi PBB, yaitu Wakil Ketua BPK RI sebagai Vice Chairman UN IAAC (lembaga internal audit PBB) dan Ketua BPK RI sebagai Vice Chairman UN Panel of External Auditor (lembaga yang mewadahi forum auditor ekstenal seluruh lembaga under UN System).

Hal itu dinyatakan Ketua BPK dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Joko Agus Setyono pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 BPK RI, Selasa (25/1/2022). Upacara bendera secara fisik kembali digelar oleh BPK Jawa Timur untuk pertama kalinya dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, sejak pandemi melanda Indonesia pada Maret 2020.

Dalam upacara yang bertempat di halaman depan Kantor BPK Jawa Timur ini, Ketua BPK meminta agar berbagai capaian yang diperoleh tidak membuat seluruh pelaksana BPK berpuas diri, bahkan lengah dan terlena. Sebagaimana pesan yang disampaikan Proklamator Indonesia, Mohammad Hatta, biarlah pengalaman masa lalu menjadi tonggak petunjuk, dan bukan tonggak yang membelenggu.

“Kita perlu menjaga agar peran BPK tidak saja semata memenuhi kewajiban konstitusionalnya, tetapi sejalan dengan INTOSAI Principle-12 “Value and Benefits of SAI: Making a Difference to the lives of citizens”. Untuk itu, BPK terus meningkatkan nilai dan manfaat kehadirannya agar tetap relevan dan memenuhi ekspektasi para pemangku kepentingan,” ujar Ketua BPK.

Di akhir sambutannya, Ketua BPK mengajak seluruh pelaksana BPK untuk menjaga dan meningkatkan komitmen, kebersamaan, dan kompetensi, dengan semangat akuntabilitas untuk semua, agar tercapai pengelolaan keuangan yang berkualitas dan bermanfaat dalam rangka mewujudkan tujuan bernegara.

Upacara bendera menjadi puncak dari seluruh rangkaian peringatan HUT BPK RI ke-75. Selain memaparkan sambutan Ketua BPK, Kepala Perwakilan juga menyerahkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya (SLKS) dari Presiden RI kepada pegawai di lingkungan BPK Jawa Timur. Penghargaan SLKS 20 tahun diserahkan kepada Moch. Mulyono, sedangkan SLKS 10 Tahun diserahkan kepada Muhamad Aulia Rizki, Laksandi Eko Priyadinata, Wahyu Santoso, dan Fadli Madya Wirawan.