BPK Jawa Timur Sukseskan SKD CASN BPK Tahun 2021

122

Pembukaan penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada Pelaksana BPK Tahun 2021 telah berhasil menjaring 40.066 pelamar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 29.495 pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD).

Pada tahap ini, BPK Jawa Timur turut mendukung pelaksanaan SKD CASN BPK yang bertempat di Jatim Internasional Expo Surabaya dan dijadwalkan diikuti oleh 1.428 peserta. Mengingat situasi pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Surabaya, SKD diselenggarakan selama tiga hari, 17 s.d. 19 Oktober 2021, dan dibagi menjadi delapan sesi. Sesuai kapasitas ruangan yang besar, setiap sesi diikuti 200 peserta.

SKD CASN BPK di Jawa Timur berlangsung tertib dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh panitia. Dalam penyelenggaraan SKD, BPK Jawa Timur berkoordinasi dengan Biro SDM BPK RI Pusat dan BKN Kantor Regional Jawa Timur untuk kelancaran kegiatan.

BPK Jawa Timur memberikan dukungan sarana prasarana dan pemeriksaan/verifikasi peserta seleksi, antara lain screening kelengkapan dokumen administrasi, pemeriksaan badan dengan metal detector (body checking), dan pengecekan kesehatan (suhu tubuh, surat hasil PCR/antigen, dan sertifikat vaksin Covid-19). Selain itu, BPK Jawa Timur juga memfasilitasi penitipan barang bawaan peserta seleksi serta mempersiapkan kebutuhan lainnya seperti air minum, alat tulis, masker medis, masker kain, dan hand sanitizer.

Seluruh peserta seleksi melakukan SKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan lancar tanpa hambatan. Nilai tes dapat dipantau secara live pada layar monitor dan diumumkan pada papan pengumuman setelah para peserta selesai keluar ruangan ujian.

Selama penyelenggaraan SKD, dari total 1.428 peserta yang terpanggil, sebanyak 1.165 peserta hadir mengikuti SKD sedangkan sebanyak 263 peserta berhalangan hadir. Melalui SKD ini, diharapkan BPK mendapatkan para calon pegawai yang berkualitas dan berdaya saing tinggi untuk ditempatkan di berbagai satuan kerja.