Mutasi dan Promosi Pejabat Struktural di Lingkungan BPK Jawa Timur

42

Sebagai bentuk kebijakan organisasi yang bertujuan meningkatkan kinerja organisasi, mutasi dan promosi jabatan di lingkungan pelaksana BPK menjadi hal yang rutin dilakukan. Hal ini juga dimaksudakan untuk melengkapi pengalaman penugasan di satuan kerja pada pelaksana BPK sebagai bagian dari pembinaan kepegawaian.

Sebanyak 69 orang Pejabat Administrator dan 69 orang Pejabat Pengawas dilantik dan diambil sumpahnya oleh Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif pada Kamis (2/9/2021). Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Sekretaris Jenderal BPK Nomor 317/K/X-X.3/08/2021; 318/K/X-X.3/08/2021; dan 319/K/X-X.3/08/2021.

Pelantikan para pejabat dilaksanakan secara terpusat di Auditorium Kantor Pusat BPK, Jakarta, dan disaksikan oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama, serta para pegawai di lingkungan BPK secara daring. Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, pejabat yang dilantik tidak seluruhnya hadir langsung di tempat prosesi dan sebagian besar mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan secara virtual. Pada pelantikan kali ini, terdapat tiga orang pejabat struktural di BPK Jawa Timur mendapat mutasi jabatan ke luar BPK Jawa Timur dan dua orang pegawai yang mendapat promosi menjadi pejabat struktural.

Pejabat struktural yang mendapat mutasi jabatan ke luar BPK Jawa Timur adalah Rusdiyanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Subauditorat Jatim II, dilantik menjadi Kepala Subauditorat Sumsel I. Kemudian Kepala Subauditorat Jatim III Bernadetta Arum Dati dilantik menjadi Kepala Subauditorat D.I. Yogyakarta, sedangkan Kepala Subauditorat Jatim IV Budi Cahyono dilantik menjadi Kepala Subdirektorat Perencanaan Strategis pada Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi, dan Pengembangan Pemeriksaan Keuangan Negara di BPK RI Pusat.

Sementara itu, pegawai yang mendapat promosi jabatan struktural yaitu Iwan Hery Setiawan, yang sebelumnya merupakan Pemeriksa Ahli Madya pada Subauditorat Jatim IV, diambil sumpahnya sebagai Kepala Subauditorat Jatim III. Selain itu, Pemeriksa Ahli Pertama pada Subauditorat Jatim III Abdullah Lathif E. Habiby juga mendapat promosi sebagai Kepala Subbagian Analisis Jabatan dan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia pada Biro SDM di BPK RI Pusat.

Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Joko Agus Setyono mengucapkan selamat atas amanah yang diemban oleh para pejabat yang baru dilantik. Kepada para pejabat yang ditugaskan di satuan kerja baru, Kepala Perwakilan mengapresiasi kinerja dan kontribusi yang diberikan selama bertugas di BPK Jawa Timur. Mutasi dan promosi ini diharapkan dapat memacu semangat para pejabat untuk menularkan budaya kerja positif yang telah dibangun BPK Jawa Timur ke satuan kerja yang baru.